ADUAN SIBER

Berdasarkan Peraturan BSSN Nomor 2 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja BSSN, Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional mempunyai tugas penyusunan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan kendali operasi keamanan siber nasional. Salah satu kegiatan dalam melaksanakan tugas tersebut yaitu menyelenggarakan fungsi sebagai Pusat Kontak Siber.

A. Prosedur Aduan Siber

  1. Penerimaan aduan insiden siber melalui :
    1. telepon : 021 78833610 atau
    2. surel : pusopskamsinas@bssn.go.id atau bantuan70@bssn.go.id
  2. Pencatatan aduan insiden siber baik identitas pelapor disertai data dukung dan bukti terjadinya insiden siber
  3. Notifikasi penerimaan aduan insiden siber
  4. Verifikasi aduan insiden siber
  5. Observasi dan investigasi aduan insiden siber
  6. Pemberian rekomendasi cara penanggulanangan insiden siber
  7. Jika administrator IT/pemilik aset tidak dapat menyelesaikan insiden siber dapat meminta BSSN untuk dapat membantu menindaklanjuti aduan insiden siber.

B. Maklumat

MAKLUMAT PELAYANAN

ADUAN SIBER

DENGAN INI, KAMI SEGENAP PIMPINAN DAN JAJARAN PENGELOLA PELAYANAN ADUAN SIBER MENYATAKAN SANGGUP UNTUK PROFESSIONAL DAN BERTANGGUNG JAWAB DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADUAN SIBER SECARA BERKELANJUTAN SESUAI DENGAN PERATURAN YANG BERLAKU. APABILA TERDAPAT PELAYANAN YANG TIDAK SESUAI, MAKA SIAP DIBERIKAN SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN YANG BERLAKU.

Jakarta, 20 Agustus 2018

Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional

Share This