Jakarta, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara RI bersama dengan Komisi I DPR RI menggelar rapat kerja di Ruang Rapat Komisi I Gedung Nusantara II, DPR RI pada hari Rabu 13 November 2019. Rapat Kerja yang dihadiri oleh Kepala BSSN, Hinsa Siburian beserta jajaran Pejabat Pimpinan Tinggi Madya BSSN, membahas mengenai Rencana Kerja BSSN Tahun 2020 dan dukungan anggaran serta membahas seputar isu-isu aktual di bidang siber. Rapat Kerja ini sendiri dipimpin oleh Wakil Ketua DPR, Abdul Kharis Almasyhari.

Dalam Rapat Kerja kali ini, Kepala BSSN, Hinsa Siburian memaparkan tentang program prioritas BSSN untuk tahun 2020. Anggraran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020 yang akan didapatkan BSSN, akan dipergunakan untuk pengembangan National Security Operation Center (NSOC) atau Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional yang dijadwalkan akan selesai pada bulan Januari 2020. “Kedepannya, NSOC akan memegang kendali keamanan siber di seluruh wilayah Indonesia. Keamanan nasional ini meliputi pemantauan, pusat kontak siber, tata kelola keamanan dan infrastruktur,” Ungkap Hinsa.

Selain akan mengembangkan NSOC, Kepala BSSN berharap pada Komisi I DPR, agar melanjutkan pembahasan RUU Keamanan dan Ketahanan Siber (RUU KKS) yang sempat tertunda pada periode anggota DPR sebeleumnya dan berharap agar pembahasan RUU KKS masuk kedalam Program Legislasi Nasional.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari menyatakan Rancangan Undang-Undang Keamanan dan Ketahanan Siber (RUU KKS) akan segera dibahas oleh Komisi I DPR RI periode 2019-2024. Menurut Wakil Ketua Komisi I bahwa RUU KKS sudah disepakati untuk menjadi usulan Komisi I kembali. (AAU-YH)­

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN