Jakarta, BSSN.go.id – Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelarCoaching Clinic Tanda Tangan Elektronik untuk Instansi Pemerintah Pusat pemangku kepentingan Sertifikat Elektronik BSrE. Kegiatan yang merupakan bentuk komitmen BSSN RI untuk terus meningkatkan kualitas layanan diikuti oleh 13 instansi pemerintah pusat tersebut dan diselenggarakan di Hotel Aloft Jakarta Selatan, Kamis (24/6).

“BSrE sebagai unit pelaksana teknis BSSN RI yang menyelenggarakan layanan Sertifikat Elektronik berharap dapat mewujudkan implementasi Tanda Tangan Elektronik buat para pengembang yang ada di instansi pemerintah. Bukan saja soal dukungan sumber daya yang mumpuni tetapi juga sumber daya manusia yang kompeten baik secara teknis maupun non teknis,” kata Kepala BSrE Rinaldy saat memberikan sambutan di acara tersebut.

“Penyelenggaraan Coaching Clinic Tanda Tangan Elektronik ini bertujuan untuk menyelaraskan pengetahuan tentang teknologi yang digunakan oleh BSrE dan tim pengembang instansi pemerintah sebagai pengguna. Knowledge sharing yang kami sebut dengan Coaching Clinic ini diharapkan menjadi ajang berbagi ilmu pengetahuan dari BSrE kepada instansi terkait implementasi Tanda Tangan Elektonik,” tambah Rinaldy.

Rinaldy berharap dalam kesempatan tersebut tidak hanya BSrE yang menyampaikan materi tetapi juga juga para peserta yang hadir dapat saling memberikan masukan selain tentunya mengutarakan permasalahan teknis yang dihadapi selama mengimplementasikan Tanda Tangan Elektonik.

“Melalui kegiatan ini kita sama-sama mendorong terwujudnya sistem pemerintahan berbasis elektronik yang aman di Indonesia,” ujar Rinaldy.

Hadir dalam Coaching Clinic tersebut perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi; Kementerian Kesehatan; Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat; Kementerian Kelautan dan Perikanan; Mahkamah Agung; Mahkamah Konstitusi; Badan Pertanahan Nasional; Badan Tenaga Nuklir Nasional; Badan Koordinasi Penanaman Modal; Badan Pengawas Obat dan Makanan; Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan; Arsip Nasional Republik Indonesia; dan Kantor Staf Presiden.

Kegiatan tersebut dipandu oleh moderator Tetra Widianto, menghadirkan empat narasumber dari BSrE antara lain Pengolah Data pada Seksi Pengelolaan Sistem Sertifikasi Elektronik BSrE Steven Yohanes Tambunan yang membawakan materi Pengenalan Docker dan Pemanfaatan Docker, Sandiman Pertama pada Seksi Pengelolaan Sistem Sertifikasi Elektronik BSrE Arga Dhahana Pramudianto dengan materi Rocker eSign Client, Pengolah Data pada Seksi Pemenuhan Teknis Sistem Sertifikasi Elektronik BSrE Andreyanto Pratama dan Sandiman Muda BSrE Agung Nugraha yang membawakan materi Java Microservice with Spring. (Ri/Yud)

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?

Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...

Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak

Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...

Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...