Jakarta (13/3) – Direktorat Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Resiko Ekonomi Digital, Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi, BSSN menyelenggarakan bimbingan teknis indeks KAMI yang diikuti oleh stakeholder BSSN dari yang berkecimpung di  bidang ekonomi digital. Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari di Hotel Aston Simatupang, Jakarta.

Bimbingan Teknis Indeks Keamanan Informasi (KAMI) BSSN 2019

Acara dibuka dengan penayangan video profil BSSN yang dilanjutkan dengan sambutan dari Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN, DRS. Dharma Pongrekun, MM., MH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam tahapan industry 4.0 ini keamanan siber menjadi suatu yang harus diperhatikan. Pemeringkatan indeks KAMI merupakan langkah awal dalam rangka mendorong dan melakukan asistensi kesiapan penerapan system keamanan informasi yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

  1. Bimbingan Teknis Indeks KAMI
  2. Desktop Assessment Indeks KAMI yang dilakukan oleh Asesor Indeks KAMI yang telah tersertifikasi Lead Auditor ISO 27001 dan berpengalaman di bidangnya.
  3. Onsite Assessment Indeks KAMI yang dilakukan juga oleh Asesor Indeks KAMI
  4. Vulnerability Assessment yang dilakukan terhadap aplikasi dan jaringan dari Sistem Elektronik Layanan Publik yang dikelola.

Bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) termasuk Financial Teknologi (FINTECH) pada sektor ekonomi digital dalam mengelola keamanan informasi. Indeks KAMI mengevaluasi 5 area yang menjadi target penerapan keamanan informasi meliputi Tata Kelola Keamanan Informasi, Manajemen Risiko Keamanan Informasi, Kerangka Kerja Pengelolaan Keamanan Informasi, Pengelolaan Aset Informasi, serta Teknologi dan Keamanan Informasi.

Kegiatan Bimtek Indeks KAMI dilaksanakan dalam 2 (dua) hari. Hari Pertama diisi oleh Dr Fetri Miftach, PhD, CEng, MBCS CITP, CISA, CISM. Beliau menyampaiakan materi mengenai Pengenalan Kerangka Kerja Keamanan Informasi berbasis SNI ISO:IEC 27001. Pada hari kedua penyampaian materi diisi oleh Kepala Subdirektorat Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Informasi Perdagangan Berbasis Elektronik, Intan Rahayu, S.Si., M.T. dengan materi Pengisian dan Pembahasan Hasil Pengisian Indeks KAMI.

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

Serah Terima Jabatan Kepala BSSN

Jakarta, 24/5. Mayjen TNI (Purn) Djoko Setiadi melakukankan serah terima jabatan sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) kepada Letjen TNI (Purn) Binsa Siburian di kantor BSSN, Ragunan, Jakarta.Mengawali acara serah terima jabatan Kepala BSSN ini Djoko...

Presiden Melantik Hinsa Siburian Menjadi Kepala BSSN

Jakarta(21/05) - Presiden Jokowi melantik Hinsa Siburian menjadi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara di Istana Negara pada hari Selasa, 21 Mei 2019. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla, Meko Polhukam, Menko Kemaritiman, Mensesneg, Seskab, Ketua...

BSSN menyelenggarakan Workshop Pengisian e-LHKASN

Jakarta(15/05) Bertempat di Auditorium Roebiono Kertopati, Inspektur BSSN Christianto Noviantoro membuka secara resmi kegiatan kegiatan Workshop e-LHKASN. Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Mei 2019. Dalam Workshop tersebut hadir Heru Erlangga dari Kementerian...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This