Jakarta (6/12) – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan focus group discussion (FGD) bertema “Membangun Ketahanan Siber Nasional melalui Sinergi dan Kolaborasi dengan Komunitas Keamanan Siber” di Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta Selatan. Acara dibuka oleh Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi, Irjen Pol Drs. Dharma Pongrekun, M.M, M.H., dan dihadiri oleh perwakilan berbagai komunitas bidang keamanan siber.

Dalam sambutannya, Dharma Pongrekun menyampaikan saat ini informasi sudah menjadi sebuah komoditas yang sangat penting. Masyarakat sudah berada dalam tataran “information-based society”, sebuah komunitas yang mampu mengakses dan menyediakan informasi secara cepat dan akurat. Dharma Pongrekun menyebutkan ketahanan siber merupakan kontribusi BSSN dalam menjaga ketahanan nasional. Dharma Pongrekun berharap agar FGD ini dapat menjadi embrio yang dapat berkembang menjadi kekuatan moral, motivasi, sekaligus wahana untuk menumbuhkan komitmen dalam bersinergi dan berkolaborasi dalam menjaga ranah siber Indonesia.

Narasumber yang berkompeten dalam menyusun kebijakan dan praktisi bidang keamanan siber dihadirkan untuk mendiskusikan tentang perkembangan dan tantangan dalam mewujudkan keamanan siber Indonesia. Narasumber tersebut antara lain Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN – Anton Setiawan, Direktur Pengendalian Sumber Daya Manusia – Dame Ria Munthe, serta praktisi keamanan siber – Ahmad Muammar dan Dedi Dwianto.

Kegiatan FGD diakhiri dengan pembacaan kesimpulan dan kesepakatan bersama oleh Direktur Identifikasi Kerentananan dan Penilaian Risiko Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional BSSN – Mohamad Ikro. Diharapkan FGD ini dapat menjadi wahana kolaborasi antara BSSN dengan berbagai komunitas keamanan siber untuk mewujudkan ketahanan nasional di ranah siber. (aah/ndn)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This