Jombang, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia mengajak para santri se-Jawa Timur dapat berperan aktif dalam mencegah radikalisme yang terus menggerus nasionalisme di tengah masyarakat. Terlebih dalam era digital saat ini, penyebaran informasi seperti hoaks, ujaran kebencian, mudah dilakukan.

Hal itu disampaikan Wakil Kepala BSSN, Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H., saat menjadi narasumber di acara Festival Qur’ani Tingkat Jawa Timur, di GOR Merdeka, Jombang, Minggu (12/1/2020).

Dharma menjelaskan, menghadapi era keterbukaan informasi saat ini generasi muda terutama para santri harus bijak dalam menggunakan teknologi informasi seperti media sosial.

“Para santri harus bisa menjadi contoh dalam upaya mewujudkan sebuah budaya berperilaku bijak dalam mengemukakan pendapat di depan umum, baik yang disampaikan¬†langsung maupun lewat ruang siber atau internet,” ujar Dharma dihadapan 1.700 santri yang berasal dari pesantren se-Jawa Timur.

Kemudian Dharma juga menuturkan, era globalisasi di Indonesia saat ini telah mengarah pada generasi muda agar nilai-nilai Pancasila semakin tergerus. Perubahan perilaku mulai dari egoisme, individualisme, anti-sosial, hedonisme, hingga perilaku hidup yang mencerminkan ketiadaan nilai-nilai luhur telah menjauh dari jati diri para generasi muda.

“Hal tersebut perlu diantisipasi dan ditanggulangi melalui penguatan kembali ideologi dan nilai-nilai luhur bangsa. Dan, para santri juga harus mengambil peran aktif menanamkan dan menguatkan nilai-nilai Pancasila pada semua aspek kehidupan dalam menghadapi era globalisasi teknologi informasi,” pesan Dharma mengakhiri paparannya.

Selain santri se-Jawa Timur, acara tersebut dihadiri pendiri Pondok Pesantren Tahfidzul Quran KH. Ahmad Rifai beserta tokoh ulama setempat.

Beberapa jam sebelum memberikan paparan, Dharma sempat berziarah ke makam KH. Abdurrahman Wahid, KH. Wahid Hasyim dan KH. Hasyim Ashari di Kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. (RM)

Biro Hukum dan Humas, BSSN

Editor : Yudhi Hernawan