Jakarta, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dalam hal ini Direktorat IKPRIIKN menggelar Workshop Indeks KAMI pada Sektor IIKN Tahun 2021 dengan melibatkan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Sektor IIKN, yang dilaksanakan pada 27 s.d 28 April 2021 secara daring.

Workshop ini merupakan langkah awal mewujudkan peningkatan kapabilitas PSE terutama dalam melakukan penilaian keamanan informasi di lingkungannya, sebagai alternatif upaya persiapan penerapan Sistem Manajemen Pengamanan Informasi (SMPI) sesuai SNI ISO/IEC 27001.

Di era digitalisasi sekarang ini, seiring dengan semakin berkembangnya konektivitas dan meningkatnya ketergantungan pada teknologi informasi dan komunikasi yang membentuk ruang maya atau siber, maka meningkat pula ancaman yang mendorong perlunya perlindungan dan keamanan siber.

Keamanan siber telah menjadi agenda utama Badan Siber dan Sandi Negara. Hal ini merujuk pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2017 Tentang Badan Siber Dan Sandi Negara.

“Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, BSSN memiliki semangat mewujudkan kedaulatan siber Indonesia berkelas dunia dengan mengusung prinsip-prinsip kedaulatan, keamanan dan ketahanan, kolaborasi dan adaptif,” ujar Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi, Dono Indarto membuka Workshop Indeks KAMI, pada Selasa (27/4).

Dono mengatakan bahwa dalam mengamankan ranah siber ini, langkah awal yang perlu diterapkan yaitu melakukan identifikasi kerentanan dan analisis risiko pada sistem elektronik layanan publik. Langkah awal tersebut menjadi salah satu tugas dan fungsi dari BSSN yang dilaksanakan oleh Deputi Identifikasi dan Deteksi. Untuk itu salah satu kegiatan yang dilakukan adalah rangkaian program kegiatan terkait Indeks Keamanan Informasi (KAMI).

“Perlu saya sampaikan disini bahwa IKAMI adalah alat bantu evaluasi untuk menganalisis tingkat kesiapan penerapan sistem manajemen keamanan informasi di instansi/institusi/ perusahaan,” jelasnya.

Tahapan kegiatan IKAMI ini terdiri dari: Workshop Indeks KAMI dan Bimbingan Teknis Manajemen Risiko, Dekstop asesmen Indeks KAMI yang dilakukan oleh asesor Indeks KAMI yang telah tersertifikasi lead auditorISO 27001 dan berpengalaman di bidangnya, Onsite Asesmen Indeks KAMI yang dilakukan juga oleh AsesorIndeks KAMI, Vulnerability Asesmen yang dilakukan terhadap aplikasi dan jaringan dari sistem elektronik layanan publik yang dikelola, dan terakhir penyerahan hasil asesmen Indeks Keamanan Informasi (KAMI).

Pada hari pertama hadir sebagai pembicara yaitu Direktur IKPRIIKN BSSN, Intan Rahayu; Sandiman Ahli Madya pada Direktorat IKPRIIKN I, Edit Prima; Sandiman Ahli Madya pada Direktorat IKPRIIKN II, Suharjono; dan Sandiman Ahli Madya pada Direktorat IKPRIIKN III, Sigit Kurniawan.

Sedangkan, pada hari kedua hadir sebagai pembicara Muhammad Taufik Yusuf dan Agria Rhamdhan; Sandiman Pertama pada Direktorat Identifikasi kerentanan dan penilaian risiko IIKN II, Ninik Ratna Dewi dan I Made Mustika Kerta Astawa; Sandiman Muda pada Direktorat IKPRIIKN II, Aziz Kurniawan dan R. Ahmad Imanullah Zakariya; Analis  Identifikasi Kerentanan Siber pada Direktorat IKPRIIKN II.

Workshop yang di ikuti oleh 200 peserta ini terdiri dari Pejabat/Staf BSSN, serta perwakilan dari Penyelenggara Sistem Elektronik sektor IIKN diantaranya: Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral, Sektor Pertahanan dan Industri Strategis, Sektor Pangan, Sektor Transportasi Laut, Sektor Transportasi Darat, Sektor Perkeretaapian, Sektor Kesehatan, dan Sektor Perbankan. Diharapkan hasil workshop ini dapat digunakan sebagai bahan tindak lanjut pelaksanaan kegiatan operasional penilaian risiko dalam rangka peningkatan pembinaan keamanan siber pada sektor IIKN selama tahun 2021. (Yo/Yud)

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Minimalisir Ancaman Siber BSSN Resmikan SumselProv-CSIRT

Palembang, BSSN.go.id - Menghadapi serangan yang berada di ruang siber, negara hadir melalui BSSN yang berperan aktif dalam upaya meningkatkan keamanan siber di Indonesia. BSSN terus berupaya memperbaiki kinerjanya dalam menjalankan tugas dan fungsi di bidang keamanan...

Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?

Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...

Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak

Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...

Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...