Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar kampanye literasi keamanan siber dengan mengusung tema “Seminar dan Edukasi ke Masyarakat Tentang Kesadaran Keamanan Data Pribadi” yang dilaksanakan di Gedung Baruga Andi Pangerang Pettarani Universitas Hasanuddin Makassar, Sabtu (2/8). Sebanyak 1700 Warga Makassar yang terdiri dari mahasiswa, siswa SMA, guru, ibu rumah tangga serta masyarakat umum lainnya datang dengan antusias mengikuti kegiatan ini.

Anton Setiyawan, S.Si., M.M sebagai Direktur Proteksi Ekonomi Digital memberikan Sambutan membuka kegiatan literasi keamanan siber. “BSSN hadir disini memberikan literasi keamanan siber terkait teknologi informasi. Setelah pulang dari acara ini semoga ilmu yang telah diterima dapat ditularkan kepada keluarga, teman-teman, dan tetangga kita,” ujarnya saat berada di podium.

Dr. Eng. Hazriani, S.Kom. M.T. Dosen Tetap LLDIKTI di STMIK Handayani membahas tentang Bijak Bermedia sosial. Dalam paparannya, Hazriani mengatakan tetap gunakan akal budi dalam menggunakan media sosial, Berpikirlah sebelum melakukan share suatu informasi. Apa saja yang kita share di media sosial akan membekas menjadi jejak digital. Kiat agar bijak bermedia sosial adalah bertanya kepada diri sendiri: Apakah postingan kita benar? Apakah postingan kita bermanfaat? Apakah postingan ini dapat memberikan inspirasi? Apakah postingan ini dibutuhkan? Apakah postingan ini sebuah kebaikan?

Kemudian paparan dari Sukriadi S.Kom, M.Kom., Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kemahasiswaan STIMED Nusa Palapa Memberikan paparan mengenai pentingnya waspada di dunia siber. Dimulai pembahasan tentang generasi milenial dan posisi generasi milenial dalam pertumbuhan penggunaan smartphone. Kemudian dalam paparannya, dijelaskan mengenai menjadi orang tua dan generasi milenial yang cerdas yang poin pentingnya adalah kepedulian. Dan paparan terakhir dijelaskan mengenai kata sandi yang kuat yakni menggunakan minimal 8 karakter yang unik dan tidak menggunakan informasi dari pribadi, terdapat huruf, angka, simbol, serta penggunakan huruf besar maupun huruf kecil.

Kegiatan ditutup dengan pengundian doorprize dan hiburan dari grup band lokal. Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat sadar menggunakan internet dengan baik sehingga dapat mengedukasi kepada kerabat di lingkungan masing-masing serta dapat mengurangi kejahatan siber khususnya di Kota Makassar dan umumnya di seluruh Indonesia. (ndn/mm)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...