Jakarta (6/11) – Pada tanggal 6 Nopember 2018, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Pemerintah Kota Mataram, Pemerintah Kota Manado, Pemerintah Kota Solok, dan Pemerintah Kabupaten Batang Hari melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama yang dilaksanakan di Kantor BSSN, Jl. Harsono RM no. 70, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Penandatanganan ini dilakukan oleh Kepala Balai Sertifikasi Elektronik Rinaldy dengan Kadis Kominfo Kalsel T. Yanuar Noor Rifai, Asisten I Kota Mataram Lalu Martawang, Sekretaris Daerah Kota Manado Micler C.S. Lakat, Kadis Kominfo Kota Solok Zulfadli dan Kadis Kominfo Kabupaten Solok Sehan yang disaksikan oleh Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak.

Di awal sambutan Sekretaris Utama BSSN menyampaikan bahwa saat ini kita tengah memasuki era baru, yaitu revolusi industry 4.0, dimana teknologi informasi dan komunikasi menjadi tumpuan utama dalam berbagai kegiatan industri dan bisnis menuntut kesiapan negara agar dapat terus bersaing di lingkup global. Pemerintah telah meresmikan roadmap menuju era baru industry 4.0 yang disebut dengan Making Indonesia 4.0.
Untuk menjalankan roadmap tersebut, seluruh pihak diharapkan memiliki komitmen dan dapat berpartisipasi aktif untuk bersama-sama mengejar kesiapan dalam memasuki era baru tersebut, termasuk didalamnya instansi pemerintah.
Tingginya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan makin maraknya keterkaitan TIK dengan kehidupan sehari-hari mengakibatkan frekuensi ancaman serta serangan siber semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan serangan siber yang terjadi mulai dari bulan Januari sampai dengan Juni 2018 terdapat 143,4 juta serangan dan akan terus meningkat menjelang pemilu legislatif dan Pilpres 2019.

TIK juga turut dimanfaatkan oleh instansi di pemerintah atau yang disebut dengan E-Government yang bertujuan untuk membentuk sistem kepemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara lebih efektif, serta penyediaan data informasi dan media komunikasi yang transparan.
BSSN sebagai Instansi Pemerintah yang memiliki tugas dan wewenang dalam keamanan siber dan persandian siap memberikan dukungan pengamanan E-Government pada instansi pemerintah pusat maupun daerah. Salah satu pengamanan pada sistem elektronik dapat dilakukan dengan memanfaatkan sertifikat elektronik.
Pemenuhan sertifikat elektronik pada instansi pemerintah telah menjadi salah satu output prioritas nasional pemerintah pada Rencana Kerja Pemerintah tahun 2019 dan termasuk dalam kegiatan prioritas Kementerian/Lembaga.
Salah satu prioritas BSSN dalam membangun keamanan siber adalah melakukan kolaborasi nasional dan internasional. Kerja sama ini merupakan tekad bersama dalam upaya meningkatkan kualitas perlindungan informasi dan transaksi elektronik yang aman, cepat dan transparan.

Di akhir sambutan Sekretaris Utama BSSN berharap dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama teknis ini dapat di implementasikan dengan penuh komitmen oleh seluruh pihak sehingga perlindungan sistem elektronik dapat terlaksana dengan baik.
Menanggapi sambutan Sekretaris Utama BSSN, seluruh perwakilan dari 5 Pemerintah Daerah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BSSN yang telah memberi kesempatan atas terlaksananya penandatanganan kerja sama teknis ini, dan berharap kerja sama ini dapat berlanjut dengan lancar dan meminta kepada BSSN untuk selalu mendampinginya.
Ruang lingkup kerjasama ini meliputi pemanfaatan sertifikat elektronik untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik, pengamanan teknologi informasi dan komunikasi, peningkatan dan pengembangan sumber daya manuia, pertukaran informasi dan pemanfaatan lain yang disepakati.

MW

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

Cyber Security Innovation Day 2019

Jakarta, (10/01). Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Dr. Djoko Setiadi, M. Si menjadi pembicara pada acara Cyber Security Innovation Day Tahun 2019. Acara tersebut diselenggarakan oleh CISCO SYSTEM INDONESIA bertempat di Hotel Shangri La Jakarta. Pada kesempatan...

BSSN Menggelar Diskusi Publik Strategi Keamanan Siber Indonesia

Jakarta, 19/12. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan Diskusi Publik Strategi Keamanan Siber Indonesia (SKSI) bertempat di Hotel Aston Simatupang Jakarta Selatan.Acara yang yang diselenggarakan oleh Direktorat Identifikasi Kerentanan dan Penilaian...

BSSN Serahkan Hasil Penilaian Indeks Keamanan Informasi

Jakarta (18/12) – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan penyerahan hasil penilaian indeks Keamanan Informasi (KAMI) di Hotel Aston Simatupang Jakarta Selatan, yang diselenggarakan oleh Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Ekonomi...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This