Surabaya, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021 Tahap I menggunakan layanan CAT (Computer Assisted Test) yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 8-9 September 2021.

Pelaksanaan tes SKD itu sendiri bertempat di Kantor Regional (Kanreg) II Badan Kepegawaian Negara (BKN) Surabaya di Jalan Letjen S. Parman No. 6 Surabaya, Jawa Timur. Tes ini merupakan rangkaian kegiatan tes SKD yang diselenggarakan BSSN bekerjasama dengan BKN. Adapun Tes SKD CPNS BSSN Tahun 2021 ini juga dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia sesuai jadwal dan tempat tes yang telah disusun oleh panitia seleksi yang dapat dilihat dan diunduh di website BSSN.

Menurut pantauan tim Humas BSSN, 298 peserta melewati beberapa tahapan dari mulai pemeriksaan administrasi kelengkapan berkas peserta seperti KTP, Kartu Peserta, surat wajib vaksin dosis pertama, hasil swab pcr atau antigen, serta wajib memakai masker dua lapis. Pemeriksaan administrasi ini dilakukan oleh panitia dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Setelah dilakukan cek berkas administrasi, peserta menyimpan barang-barang pribadi selain KTP, kartu peserta dan alat tulis ke dalam loker yang disediakan panitia. Kepada peserta diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu dan sebelum memasuki area tes dilakukan pengecekan oleh keamanan dalam BKN.

Setelahnya peserta dibawa menuju ruang validasi berkas, dan sebelum memasuki ruang tes CAT, peserta dikumpulkan terlebih dahulu dengan diputarkan video panduan teknis pengerjaan soal dan teknis penilaian SKD yang meliputi mata ujian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan menjaga jarak dan tetap memakai masker.

Pada kesempatan yang sama, Herbakti Nugroho selaku Subkoordinator Pengelolaan Perencanaan dan Pengadaan SDM BSSN, memberikan penjelasan singkat mengenai BSSN dan teknis penilaian tes SKD ini.

“BSSN adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang dibentuk pada tahun 2017 melalui Peraturan Presiden No. 53 tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara. Dibentuk melalui lembaga yang sudah ada sebelumnya yaitu Lembaga Sandi Negara yang sudah ada dari tahun 1946 kemudian ditambahkan fungsi baru yakni keamanan siber,” jelas Herbakti.

Herbakti berpesan kepada peserta agar mengerjakan dengan teliti dan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil maksimal sehingga bisa menjadi Aparatur Sipil Negara yang berintegritas dan siap melayani masyarakat.

Selama dua hari kegiatan tes SKD CPNS BSSN Tahun 2021 di BKN Surabaya itu berlangsung secara lancar dan pada akhir kegiatan dilaksanakan penyerahan plakat dari BSSN kepada BKN Surabaya yang diterima oleh Nurchasanah, Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian. (Ty/Yud)

Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN