Jakarta, BSSN.go.id – Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN melalui Direktorat Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional (IKPRIIKN) BSSN bersama dengan KPMG (sebagai pihak yang ditunjuk oleh Pemerintah Inggris Raya) menyelenggarakan kegiatan Launching Program Webinar dan Sertifikasi Keamanan Siber untuk Pembuat Kebijakan di Sektor IIKN, pada Kamis (29/4) secara daring.

Dalam rangka menjalankan tugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien terutama pada sektor IIKN, BSSN memandang penting terciptanya sinergitas dalam bentuk kolaborasi baik secara nasional maupun internasional.

“Oleh karena itu, sebagai bentuk inisiatif dari kerjasama antara Indonesia dengan Pemerintah Inggris Raya (United Kingdom), BSSN bersama dengan UK Embassy Jakarta, yang dalam ini difasilitasi oleh KPMG menyelenggarakan rangkaian kegiatan program webinar dan sertifikasi keamanan siber untuk pembuat kebijakan di sektor IIKN,” ujar Direktur IKPRIIKN BSSN, Intan Rahayu dalam sambutannya.

Intan menjelaskan bahwa dilaksanakannya kegiatan ini, dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia khususnya pembuat kebijakan pada sektor IIKN terkait keamanan siber guna menghasilkan kerangka kebijakan yang komprehensif dan efektif.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, pemahaman dan kompetensi terkait isu-isu keamanan siber yang perlu dipertimbangkan baik nasional maupun internasional dalam pengambilan kebijakan keamanan siber untuk masing-masing sektor, serta standar/pedoman keamanan siber terkait yang berlaku di masing-masing sektor,” jelas Intan.

Agar tujuan tersebut tercapai maka dibuatlah rangkaian program webinar dan sertifikasi keamanan siber untuk pembuat kebijakan IIKN yaitu diawali dengan kegiatan Launching; Cyber Practitioners Course berupa Online Course selama 3 hari tentang isu-isu utama kebijakan keamanan siber internasional serta bridging ke materi webinar ISO Series; webinar ISO Series tentang beberapa standar internasional keamanan siber; dan program sertifikasi ISO 27001 Lead Auditor.

Senada dengan Intan, Digital Access Programme Lead for UK Embassy Jakarta, Christopher Agass menyambut baik program yang dibentuk atas inisiatif kerjasama antara Indonesia dengan Pemerintah Inggris Raya ini dalam meningkatkan keamanan siber khususnya di sektor terkait. Christopher berharap kerjasama dengan BSSN khususnya dalam keamanan siber ini dapat menghasilkan kebijakan yang komprehensif dan efektif baik nasional maupun internasional.

Paparan program dan diskusi mengenai webinar ISO Series dan program sertifikasi ISO 27001 Lead Auditor disampaikan oleh Agus Setiawan dan tim dari Multimatics, sedangkan paparan dan diskusi mengenai kegiatan Cyber Practitioner Course disampaikan Joyce Hakmeh dan Calum Inverarity dari Chatham House. Kegiatan Launching Program Webinar dan Sertifikasi Keamanan Siber untuk Pembuat Kebijakan di Sektor IIKN ini diikuti oleh Perwakilan Kementerian/ Lembaga terkait diantaranya BSSN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, Kementerian Pertanian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Perdagangan, Bapenas, Kementerian PanRB, BPPT, Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Perindustrian, dll. (De/Yud)

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN