Jakarta (11/2). Mahasiswa DIII Program Studi Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama (PHB) Kota Tegal yang sedang mengikuti kegiatan Praktek Kerja Industri, berdiskusi dengan Kasubbag Layanan Masyarakat dan Informasi Publik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), James Leonardo, di Hotel Holiday Inn Matraman terkait keamanan informasi di ruang siber.

Melalui diskusi tersebut diharapkan mahasiswa PHB sebagai bagian dari generasi milenial menyadari pentingnya perlindungan data di dunia industri yang sedang mengalami disrupsi saat ini sehingga dapat menyiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja.

 

Rais, Ketua Program Studi DIII Teknik Komputer PHB, menyatakan kegiatan Praktek Kerja Industri merupakan salah satu upaya mempertemukan ilmu pengetahuan yang didapatkan oleh mahasiswa di kelas perkuliahan dengan realita yang terjadi di lapangan. Rais menambahkan berbagai materi yang disampaikan oleh BSSN diharapkan dapat memacu mahasiswa untuk lebih tertarik mengenal seluk beluk dunia siber dan beragam tindakan dan aplikasi yang bisa digunakan untuk menjaga keamanan informasi.

James menyatakan disadari atau tidak, kini manusia telah berinteraksi dan memenuhi hampir segala kebutuhan hidup melalui dunia siber yang memiliki karakteristik tidak memiliki batasan ruang dan waktu. Kondisi tersebut membuat kejahatan berevolusi dan berkembang di dunia siber, yang terkadang dampak aksi kejahatannya jauh lebih besar dari kejahatan konvensional di dunia nyata. 

Selain mengganggu kehidupan pribadi, kejahatan di dunia siber bisa berdampak luas sehingga bisa mengganggu stabilitas nasional. Terkait dengan hal tersebut, James menyatakan BSSN hadir sebagai wujud tanggung jawab pemerintah untuk mengamankan ruang siber dalam rangka mewujudkan keamanan nasional.

 

Pada akhir diskusi James menekankan kembali agar peserta diskusi memiliki kesadaran dan melakukan aksi nyata, melindungi data pribadi yang dimiliki serta selalu bertindak bijaksana di ruang siber, mengingat jejak digital akan terekam di ruang siber dan tidak dapat dihilangkan yang dikemudian hari akan membentuk citradiri di masa depan.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat - BSSN

BSSN dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Resmikan JabarProv-CSIRT

Depok, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat(Pemprov Jabar) meresmikan Computer Security Incident Response Team Pemerintah Provinsi Jawa Barat(JabarProv-CSIRT). Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN Yoseph...

BSSN Jalankan Strategi Baru Reformasi Birokrasi

Jakarta, BSSN.go.id – Hasil monitoring dan evaluasi merupakan masukan yang sangat berharga dalam menyusun rencana aksi perbaikan suatu program kerja/kegiatan. Pelaksanaan kegiatan termasuk agenda reformasi birokrasi dalam institusi pemerintah agar dapat berjalan...

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...