Jakarta, BSSN.co.id – Menindaklanjuti pembentukan Computer Security Incident Respond Team yang sudah dilakukan di beberapa instansi pemerintah, BSSN menggelar workshop Pengelolaan Computer SecurityIncident Respond Team Organisasi Pemerintah Pusat dan Daerah bertema “Triage Incident yang Efektif dalam Pengelolaan Insiden Siber Instansi Pemerintahan” di Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (14/12).

Membuka kegiatan, Deputi Penanggulangan dan Pemulihan BSSN, Yoseph Puguh Eko Setiawan, menyatakan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024 mengamanatkanpembentukan 121 CSIRT sebagai salah satu Proyek Prioritas Strategis.

Workshop Pengelolaan CSIRT Organisasi Pemerintah Pusat dan Daerah ini merupakan program peningkatan kapasitas CSIRT Sektor Pemerintah khususnya 15 K/L/D Pilot Project yang telah terbentuk CSIRT,” ujar Yoseph.

Menurut Yoseph upaya peningkatan keamanan siber tidak cukup hanya dilakukan dengan membentuk CSIRTtetapi perlu diiringi dengan program peningkatan kapasitas CSIRT khususnya kualitas Sumber Daya Manusia yang menjadi ujung tombak layanan CSIRT.

“Peningkatan jumlah serangan siber pada saat pandemi Covid-19 harus diimbangi dengan mekanisme untukmemastikan kebenaran insiden, identitas pelapor, dampak insiden dan prioritas insiden tersebut yang biasa dikenal dengan Triase Insiden,” tutur Yoseph.

Yosep menambahkan sebelum memasuki fase Triase Insiden perlu dilakukan pengelolaan insiden siber khususnya di sektor pemerintah. Langkah tersebut dapat mempermudah dalam memilih solusi yang tepat untuk melakukan penanganan terhadap insiden siber yang terjadi.

Pada kesempatan tersebut hadir sebagai narasumber Ketua Dewan Pengurus IASII, Chandra Yulistia, yang menjelaskan tentang Pendataan dan Penilaian Risiko Aset. Hadir pula Praktisi IT, Bisyron Wahyudi, yang membahas tentang Cyber Incident Triage, dan Kepala Subdirektorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah Daerah wilayah I, Sriyanto, yang menyampaikan Program Dukungan BSSN terhadap Instansi Pemerintah yang terbentuk CSIRT. Kegiatan ditutup oleh Direktur Penanggulangan dan PemulihanPemerintahan, Beriman Purba. Perwakilan 15 K/L/D yang sudah membentuk CSIRT pada tahun 2020 hadir dalam kegiatan tersebut.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...