Jakarta, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) melaksanakan Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Sensor Film tentang Pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada Sistem Elektronik Administrasi Penyensoran Film dan Iklan Film. Kegiatan berlangsung di Lantai 7 Gedung Film Jakarta, pada Kamis (9/1).

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekretariat Lembaga Sensor Film, M. Sanggupri. Dalam sambutannya M. Sanggrupi menyampaikan bahwa Perjanjian Kerja Sama ini dalam rangka mendukung keamanan pada sistem administrasi sensor elektronik yang sudah dibangun oleh Lembaga Sensor Film,  “Maka sebelum sistem ini digunakan diperlukan layanan keamanan berupa sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik BSSN”, ujarnya.

Selanjutnya dalam sambutannya Kepala Balai Sertifikasi Elektronik BSSN, Rinaldy menyampaikan bahwa penerapan sertifikasi elektronik ini dilakukan guna memberikan keamanan informasi yang baik dan aman.  Karena pada nantinya seluruh warga negara Indonesia akan memiliki sertifikat elektronik, salah satunya untuk menghindari hoax. “Jadi ketika seseorang memposting sebuah informasi dan dibubuhkan tanda tangan digital maka ketika terjadi permasalahan dengan informasi yang diposting, orang tersebut tidak dapat mengelak kalau memang dia yang memposting informasi tersebut”.

Rinaldy berharap edukasi tentang manfaat sertifikasi elektronik ini bisa tersalurkan dengan beberapa media yang mungkin lembaga sensor film ada di dalamnya. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah perjanjian kerja sama. (IW)

Biro Hukum dan Humas, BSSN

Editor : Yudhi Hernawan