Depok, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat(Pemprov Jabar) meresmikan Computer Security Incident Response Team Pemerintah Provinsi Jawa Barat(JabarProv-CSIRT). Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN Yoseph Puguh Eko Setiawan danSekretaris Daerah Pemprov Jabar Setiawan Wangsaatmaja meresmikan JabarProv-CSIRT secara virtual dari kantor masing-masing pada hari Rabu (23/9/2020).

“Pandemi Covid-19 secara tidak langsung turut mempercepat proses transformasi digital. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi mengalami peningkatan signifikan selama pandemi. Namun demikian lonjakan traffic internet dan penggunaan beragam aplikasi berbasis jaringan sangat berisiko disalahgunakan dan diserang oleh threat actor. Terkait hal tersebut Yoseph mengapresiasi berbagai pihak yang menyiapkan diri menghadapi segala kemungkinan penyalahgunaan dan kejahatan siber.

“BSSN memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemprov Jabar atas terbentuknya Tim Tanggap Insiden Siber JabarProv-CSIRT. CSIRT merupakan suatu organisasi atau tim pelaksana keamanan siber yang bertanggung jawab menerima, meninjau dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan siber,” ungkap Yoseph.

“CSIRT terdiri atas CSIRT Nasional atau Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional (Pusopskamsinas), CSIRT Sektoral yang ada di setiap sektor, baik di Sektor Pemerintah, Sektor Infrastruktur Informasi Kritikal Nasionaldan Sektor Privat serta CSIRT Organisasi,” ujar Yoseph.

Dalam kesempatan tersebut Setiawan Wangsaatmaja menyatakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian dari kehidupan yang harus didukung dengan langkah pengamanan.

“Dengan peluncuran JabarProv-CSIRT bersama BSSN maka pelaksanan keamanan siber Pemprov Jabar sudah resmi mulai beroperasi. Pemprov Jabar berterima kasih kepada BSSN telah membantu membentuk JabarProv-CSIRT.” tutur Setiawan.

Setiawan berharap JabarProv-CSIRT dapat segera mulai mengkoordinasikan, mengolaborasikan dan mengoperasikan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber di lingkungan Pemprov Jabar.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...