Depok, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) meluncurkan KepriProv–CSIRT (Computer Security Incident Response Team) secara daring dari Aula BSSN Sawangan dengan Kantor Pemprov Kepri pada hari Selasa, (29/9/2020).

Membuka kegiatan tersebut, Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN, Yoseph Puguh Eko Setiawan, menyatakan KepriProv-CSIRT merupakan CSIRT keenam yang diluncurkan oleh BSSN.

“Keberadaan Computer Security Incident Response Team menjadi sangat penting karena keamanan siber merupakan enabler pendukung inovasi, pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sosial,” ujar Yoseph.

Yoseph juga menyatakan dalam menjaga stabilitas di ruang siber, diperlukan dukungan berbagai pihak, mulai dari peran aktif instansi/organisasi pemangku kepentingan keamanan siber hingga kepedulian seluruh lapisan masyarakat pada budaya keamanan siber sangatlah penting.

“Kolaborasi dan sinergi merupakan kunci membangun ruang siber Indonesia yang aman dan menyejahterakan. Pembentukan CSIRT Organisasi pada Sektor Pemerintah, khususnya Pemprov Kepri merupakan momentum BSSN sebagai unsur pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam memberikan kontribusi pelayanan langsung kepada masyarakat dengan tetap menunaikan tugas menjaga stabilitas keamanan nasional,” ujar Yoseph.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Arif Fadillah menyatakan peluncuran KepriProv–CSIRT merupakan bukti kepedulian dan peran aktif pemerintah daerah pada keamanan data di tingkat lokal sekaligus dukungan pemerintah daerah kepada program CSIRT nasional BSSN.

“CSIRT merupakan keniscayaan dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Kita dituntut menggunakan IT untuk menjalankan layanan bidang pemerintahan, pendidikan dan pelayanan publik lain. Data dan layanan online harus kita amankan dan jaga dengan baik agar tidak dapat diretas,” ujar Arif.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...