Yogyakarta, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) melanjutkan kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta tentang Pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada sistem elektronik Pemkab Gunung Kidul.

Kesepakatan ini tertuang melalui penandatanganan kerja sama oleh Kepala Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia, Jonathan Gerhard dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Gunung Kidul, Wahyu Nugroho di Ruang Handayani Kantor Bupati Gunung Kidul, Yogyakarta, Jumat (10/9/2021).

Hadir juga menyaksikan Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN RI, Christyanto Noviantoro beserta jajaran, dan Wakil Bupati Gunung Kidul, Heri Susanto beserta jajaran.

Christyanto Noviantoro menuturkan BSSN RI terus berkomitmen dalam mendukung transformasi digital yang dilakukan oleh kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi negeri, serta perusahaan-perusahaan milik negara dan daerah, dengan menyediakan kebutuhan sertifikat elektronik melalui BSrE sebagai penyelenggara sertifikasi elektronik.

“Terhitung hingga hari ini, sudah 341 instansi pemerintah menjalin kerja sama dengan kami (BSSN RI, red) yang meliputi kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, serta perguruan tinggi negeri. Termasuk, salah satunya adalah perpanjangan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul  yang hari ini kita tanda tangani,” terangnya.

Menurutnya, BSSN RI kembali bekerjasama lantaran penerapan sertifikat elektronik pada sistem elektronik mampu memaksimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul.

“BSSN RI melalui BSrE akan terus mendukung pelaksanaan penerbitan sertifikat elektronik, mendampingi penerapan dan sosialisasi, serta dukungan teknis dalam pemanfaatan sertifikat elektronik pada sistem elektronik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul,” kata Christyanto lagi.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunung Kidul, Heri Susanto mengatakan kelanjutan kerja sama yang telah dirintis sejak tahun 2017, ini mengacu pada pengalaman di lapangan. Di mana layanan publik berbasis elektronik jauh lebih cepat, cermat, nyaman dan aman, sehingga memenuhi unsur efektivitas, kualitas, dan akuntabilitas layanan.

“Tentu kami semakin yakin dengan kerja sama ini, bahwa ke depan jajaran Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul akan lebih mampu meningkatkan kualitas layanan maupun jangkauannya hingga semua bentuk layanan publik oleh OPD-OPD berbasis pada sistem elektronik yang cepat, akurat, dan aman,” ujar Heri.

Dari kerja sama yang sudah terjalin sejak 27 September 2017, ini telah menghasilkan sebanyak 1161 akun sertifikat elektronik yang digunakan oleh lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul.

Acara penandantanganan kerja sama itu diakhiri dengan prosesi pertukaran cinderamata dari BSSN RI kepada Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, lalu sebaliknya. (Ri/Yud)

Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN