Bogor (21/7). Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Universitas Pertahanan (Unhan) bersepakat melakukan kerja sama terkait penyelenggaraan kegiatan ilmiah, peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia serta penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan. Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dilakukan oleh Kepala BSSN Hinsa Siburian dan Rektor UNHAN Amarulla Octavian di Gedung Rektorat Unhan Kawasan IPSC Sentul, Bogor pada hari Selasa (21/7/2020).

Dalam sambutannya Hinsa menyampaikan keamanan siber merupakan faktor pendukung inovasi pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sosial. “Tantangan dan peluang di ruang siber akan terus berkembang sehingga diperlukan kolaborasi dan inovasi dari setiap elemen yang terlibat di dalamnya,” tegas Kepala BSSN.

“Dinamika lingkungan strategis yang terus berubah dengan dinamis telah merubah generasi peperangan. Saat ini model peperangan telah beralih ke era perang informasi atau cyber war.”

“Ranah Siber kini telah menjadi center of gravity perhatian bangsa-bangsa dunia. Ranah siber telah mengubah wajah Sishankamrata, aspek Darat, Laut, Udara dan Luar Angkasa kini melebur menjadi satu dalam ruang siber.”

“Berbagai hal tersebut tentu memerlukan strategi keamanan siber yang holistik untuk menyatukan berbagai potensi yang dimiliki bangsa Indonesia sehingga ketahanan dan kapabilitas siber, ekosistem inovasi keamanan siber, penguatan kerangka hukum bidang keamanan siber, kerja sama internasional dan diplomasi siber dan kemampuan penanganan insiden serangan siber Indonesia dapat ditingkatkan,” ungkap Hinsa.

“Di tataran praktik, BSSN telah membangun Computer Security Incident Response Team (CSIRT) yang bertanggung jawab menerima, meninjau dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan siber,” tambah Hinsa.

“Semoga kerja sama ini dapat dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen sehingga tujuan kita membangun dan meningkatkan kompetensi serta kualitas SDM dapat terlaksana dengan baik,” ujar Hinsa. 

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unhan menyatakan “Selain Program S2 dan S3, saat ini Unhan juga membuka empat fakultas baru untuk Program Sarjana/S1, yaitu Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas Farmasi Militer, Fakultas MIPA Militer dan Fakultas Teknik Militer.” 

“Sepuluh program studi baru juga telah dibuka, diantaranya Teknik Informatika yang merupakan keilmuan dasar bidang pengembangan Defense Intelligent, Defense Cyber, dan Cyber Weapon,”  tambah Amarulla.

 

“Unhan ini agak unik, menurut dasar hukumnya Unhan dapat menyelenggarakan pendidikan akademik, pendidikan profesi dan pendidikan vokasi. Kedepannya Unhan akan membentuk Politeknik Pertahanan di beberapa provinsi.” ujar Amarulla.

“Terkait hal tersebut, untuk memperkuat basis jaringan siber di seluruh Indonesia, Unhan harapannya dapat menjalin kerja sama dengan Politeknik Siber dan Sandi Negara untuk beberapa progam studi. Kurikulumnya nanti bisa disinkronisasi sehingga bisa paralel.”

“Selain itu Unhan juga akan mengembangan konsep smart campus yang terintegrasi dengan big data dan artificial intelligence berbasis supercomputer, melalui kerjasama ini diharapkan dapat secara pararel terhubung dengan sistem komputer BSSN.”

“Saya berharap di masa mendatang Unhan juga dapat memanfaatkan sertifikat elektronik BSSN,” pungkas Amarulla.

Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan kesepakatan kerja sama tersebut, turut hadir pejabat terkait, dari BSSN diantaranya Sekretaris Utama BSSN Syarul Mubarak, Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara Chistyanto Noviantoro, Kepala Biro Hukum dan Humas Giyanto Awan Sularso sedangkan dari Unhan diantaranya Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Unhan Lasmono, Wakil Rektor III Bidang Warek III Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Unhan Hipdizah, Ketua LP2M Unhan Bennyta Suryo Septanto dan Sekretaris LP3M Unhan Tristan Soemardjono.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Kapasitas Mandiri Organisasi Modal Pertama Hadapi Serangan Siber

Jakarta - BSSN.go.id (6/8). Terkait dengan keamanan siber, Direktur Proteksi Ekonomi Digital Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiyawan dalam diskusi dalam jaringan Cyber Security Workshop bertema “Data Protection and Data Regulations in Indonesia” yang...

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...