Yogyakarta, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) sepakat menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terkait pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada sistem elektronik di lingkungan UNY. Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan oleh Kepala Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) BSSN, Rinaldy dan Kepala Biro Umum, Perencanaan dan Keuangan, Drs. Sukirjo, yang dilaksanakan pada hari Senin, 6 September 2021. Adapun acara seremoni dilaksanakanbertempat di Ruang Sidang Utama Senat Universitas Negeri Yogyakarta pada Selasa (7/9).

Dalam sambutannya, Kepala Biro Umum, Perencanaan dan Keuangan, Drs. Sukirjo, menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kepada BSSN serta menyambut baik adanya pembahasan tentang tanda tangan elektronik yang bisa diterapkan di UNY, bahkan tidak hanya dokumen resmi pimpinan jajaran rektor, namun diharap bisa menyeluruh sampai ke pejabat eselon ataupun non eselon.

“Tentu dengan adanya tanda tangan elektronik membuat proses penandatanganan lebih cepat, mudah dan akurat, oleh karena itu kami sangat berterima kasih atas kerjasama ini. Dan kami berharap kerja sama ini menjadi awal bagaimana kami berkolaborasi dengan BSSN untuk kedepannya,” ujar Sukirjo.

Lebih lanjut, Kepala Biro Hukum dan Komunkasi Publik BSSN, Christyanto Noviantoro, mengatakan Keunggulan penggunaan Tanda Tangan Elektronik, yang dapat dilakukan di mana saja dan dapat dilakukan dengan cepat, mendukung transformasi digital yang hingga saat ini terus meningkat.

“Identitas digital yang ikut menempel bersama dengan tanda tangan elektronik yang dibubuhkan, memperkuat dukungan penjaminan keabsahan dokumen yang ditandatangani,” kata Christyanto.

BSSN berkomitmen menyediakan kebutuhan Sertifikat Eletronik, melalui Balai Sertifikasi Elektronik, yang merupakan salah satu dari Penyelenggara Sertifikasi Elektronik yang sudah diakui di Indonesia.

“Untuk itu, kami berharap agar penerapan sertifikat elektronik di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta mampu memaksimalkan pelaksanaan tugas dan fungsinya, serta ikut berperan dalam menjaga keamanan siber di wilayah Republik Indonesia,” tambah Christyanto.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi tanda tangan elektronik yang disampaikan oleh Koordinator Fungsi Hukum dan Kerja Sama BSSN, Ferry Indrawan.

Kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Sosialisasi Tandatangan Elektronik antara BSSN dan UNY ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Edi Purwanta; Kepala Biro Umum, Perencanaan dan Keuangan, Drs. Sukirjo; Staf Ahli Bidang Hukum, Anang Priyanto; Koordinator Hukum dan Kepegawaian, Joko Purwoko; Koordiantor Umum dan BMN, Indun Probo Utami; Sekretaris Teknologi Informasi dan Komunikasi, Dr. Restu Widiatmono. Dari BSSN hadir Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN, Christyanto Noviantoro, Koordinator Fungsi Hukum dan Kerja Sama BSSN, Ferry Indrawan serta jajarannya. (De/Yud)

Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN