Jakarta (8/2) – Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Resiko Ekonomi Digital (IKPRED) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Nunil Pantjawati, menerima audiensi forum perlindungan anak online ID COP, di Auditorium Dr. Roebiono Kertopati, Gedung Kantor BSSN Jakarta Selatan, Jum’at, 8 Februari 2019.

Pertemuan itu didasari untuk melindungi anak Indonesia di dunia internet.

Dalam sambutannya, Nunil Pantjawati menjelaskan tentang penilaian Global Cybersecurity Index (GCI) terkait Child Online Protection (COP) berikut rencana kegiatan untuk peningkatan nilainya (GCI, red) ditahun 2019. Karena beberapa unit di BSSN memiliki peran dalam isu COP. Seperti Subdit Deteksi Sosiokultural, Direktorat Deteksi Ancaman yang memiliki tugas profiling terhadap penggunaan ruang siber.

Kemudian ada Pusopskamsinas yang berperan dalam menerima aduan terkait insiden siber, lalu ada Direktorat Proteksi Ekonomi Digital yang mempunyai program kerja Kampanye Literasi Keamanan Siber (KLiKS) dengan tujuan untuk meningkatkan awareness dari masyarakat umum.

“Sebagai informasinya, BSSN akan membuat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang berfungsi sebagai pusat aduan terhadap pelanggaran keamanan siber dan salah satunya pelayanan aduan pelanggaran terhadap isu COP,” ujar Nunil, “Juga kami mengusulkan agar dimasukan mata pelajaran TIK ke dalam kurikulum SD, SMP dan SMA.”

ID COP sebagai organisasi yang berfokus pada perlindungan anak dan kekerasan seksual pada anak menanggapi bahwa Kemendikbud telah mengeluarkan Permendikbud 36/2018 tentang mata pelajaran Informatika akan kembali menjadi kompetensi dasar di SMP dan SMA, serta menjadi ekstrakulikuler di Sekolah Dasar.

“Dan kami akan berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam penilaian GCI dengan memberikan data seputar COP,” ujar perwakilan dari ID COP, Indriyanto Banyumurti.

Ditambahkannya, ID COP telah memiliki beberapa kegiatan terkait perlindungan anak seperti Smart School Online yang dapat di akses melalui smartschoolonline.id, literasi digital yang dapat di akses melalui literasidigital.id, serta film mengenai perlindungan anak yang dibuat oleh Sejiwa.

Rencananya, ID COP akan mengadakan Forum Group Discussion (FGD) dengan KPAI, Kominfo, KPPA, Kepolisian, Kemenkes dan Kemendikbud guna membahas isu tentang COP tanggal 21 Februari 2019 mendatang. “BSSN akan kami undang sebagai narasumber,” ujar Indriyanto lagi. (RM)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas

Pemanfaatan Sertifikat Elektronik BSSN oleh Pemerintah Daerah

Jakarta (21/2) – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, Pemerintah Kota Bontang, Pemerintah Kota Bogor melaksanakan Penandatanganan Kerjasama Teknis (PKS) dalam pemanfaatan Sertifikat Elektronik yang dilaksanakan di Auditorium...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This