Jakarta, BSSN.go.id – Direktur Deteksi Ancaman BSSN, DR. Sulistyo dalam keynote speech webinar Ngobrol Bareng Mitra Honeynet Seri Kedua (#NGENET02) bertema “Analisis Log Honeypot” yang diadakan oleh Direktorat Deteksi Ancaman BSSN menyatakan untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah pengalaman mengelola dan mengembangkan keamanan siber di manapun masyarakat berkarya, BSSN menyelenggarakan kegiatan #NGENET.  Ngobrol Bareng Mitra Honeynet tidak terbatas hanya untuk personel BSSN saja namun juga untuk seluruh para administrator Honeynet Mitra Honeynet BSSN. #NGENET02digelar dari kantor BSSN Ragunan, Jakarta Selatan pada Kamis (12/11).

“Melalui kegiatan ini, kami berharap para Mitra Honeynet dapat secara mandiri dan komprehensif melaksanakan kegiatan analisis log honeypot dengan memanfaatkan sumber data log serangan hasil deteksi perangkat honeypot yang terpasang di lingkungan Mitra Honeynet. Selain tentunya diharapkan administratorHoneynet juga dapat berkontribusi bagi pengembangan Detection Maturity Level di lingkungan kerja masing-masing,” tambah DR. Sulistyo.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Indonesia Honeynet Project, Charles Lim, dalam opening speechmenyampaikan berbagai kategori ancaman yang biasa terekam di Honeypot.

Honeypot mampu menjadikan sebuah server menjadi umpan untuk mengumpulkan informasi tentang serangan siber. Honeypot dapat mendeteksi jenis serangan, port yang diserang, waktu serangan, asal negara hingga IP address penyerang dan menyimpannya dalam data log yang dapat dianalisis lebih lanjut untuk mempelajari teknik, motif, sasaran dan lain sebagainya,” lanjut Charles.

Charles juga menjelaskan dua kategori Honeypot yaitu Cowrie dan Dionaea.

“Cowrie merupakan Honeypot yang meniru server SSH yang khusus memiliki kredensial login yang lemah dan mudah dibaca, sedangkan Dionaea merupakan Honeypot yang dirancang untuk menjebak malware yang mengeksploitasi kerawanan layanan dalam jaringan sehingga didapatkan salinan dari malware tersebut. Dionaea menghasilkan log dalam format basis data menggunakan SQLite selain log dalam format teks sehingga lebih mudah untuk dianalisis,” pungkas Charles.

 

Kegiatan #NGENET02 dipandu oleh moderator Pratama Putra Kartika menghadirkan narasumber Sandiman Pertama Dimas Dwiki Ismoyo membahas tema “Analisis Log Cowrie Honeypot” dan Sandiman Pertama Jimmy membahas tema “Analisis Log Glastopf.

#NGENET02 merupakan media bagi para administrator Honeynet mitra BSSN dalam berbagi informasi untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan administrator Honeynet dalam memanfaatkan informasi hasil pemasangan perangkat Honeypot di mitra Honeynet. Acara Ngobrol Bareng Mitra Honeynet juga merupakan wadah khusus bagi para Mitra Honeynet dalam berbagi ilmu, pengetahuan, wawasan dan informasi serta isu terkini terkait perkembangan ancaman siber yang semakin marak terjadi.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...