Bandung (10/4) Badan Siber dan Sandi Negara  kembali gelar Bimtek INDEKS KAMI bagi penyelenggara sistem elektronik (pse) dan financial teknologi (fintech) pada sektor ekonomi digital. Bimtek ke-3 ini dilaksanakan di Hotel Harris Bandung selama 2 hari, 10-11 April 2019  yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN.

Acara dibuka oleh Drs. Dharma Pongrekun, MM., MH selaku Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN. Bimtek ini ditujukan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada penyelenggara sistem elektronik (pse) dan financial teknologi (fintech) pada sektor ekonomi digital dalam mengelola keamanan informasi. Sebagaimana diatur dalam permenkominfo nomor 4 tahun 2016 tentang sistem manajemen pengamanan informasi dan peraturan OJK nomor 77 tahun 2016 tentang layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi.

Dharma  Pongrekun menegaskan bahwa INDEKS KAMI merupakan suatu tools yang digunakan untuk memastikan kesiapan PSE dalam penerapan SNI ISO 27001, sehingga diharapkan melalui bimtek INDEKS KAMI ini, para  penyelenggara sistem elektronik  dapat memahami kebutuhan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memenuhi ketentuan SNI ISO 27001. Indeks KAMI mengevaluasi 5 area yang menjadi target penerapan keamanan informasi meliputi tata kelola keamanan informasi, manajemen risiko keamanan informasi, kerangka kerja pengelolaan keamanan informasi, pengelolaan aset informasi, serta teknologi dan keamanan informasi.

Dengan menerapkan salah satu framework keamanan siber yaitu SNI ISO 27001, diharapkan para penyelenggara sistem elektronik dapat menjamin keamanan informasinya sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pengguna layanan tersebut dalam bertransaksi. “Hal ini mendukung semangat pemerintah dalam hal perlindungan konsumen”, ujar Dharma Pongrekun.

Dalam Bimtek INDEKS KAMI kali ini, Peserta mendapat materi pengenalan kerangka kerja keamanan informasi berbasis SNI ISO : IEC 27001, peserta juga akan mengimplentasikan  dan sertifikasi SNI ISO 27001. Materi ini disampaikan oleh Dr. Fetri Miftah. Berikutnya peserta akan dibimbing mengenai pengisian INDEKS KAMI  yang akan di sampaikan oleh Intan Rahayu S.Si., M.T.

BSSN berharap dengan Bimtek ini bisa meningkatkan penerapan sistem manajemen keamanan informasi bagi penyelenggara sistem elektronik dan financial teknologi (fintech) pada sektor ekonomi digital. Perusahaan yang berkecimpung di sektor ekonomi digital mampu melakukan penguatan terhadap Keamanan siber dari Sistem Elektronik yang dikelola, dan senantiasa melakukan kesadaran keamanan siber pada internal perusahaan, konsumen maupun stakeholder. (FMN)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

Kepala BSSN Melantik dan Mengambil Sumpah Wakil Kepala

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian mengambil sumpah Irjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H. sebagai Wakil Kepala BSSN di Auditorium Roebiono Kertopati BSSN Jakarta hari ini 17 juli 2019. Dharma Pongrekun mengisi...

Cyber Security Drill Test BSSN Menginjeksi Sektor Energi

Jakarta (17/7) - Cyber Security Drill Test kembali dilaksanakan, dan memasuki hari kedua dimana kegiatan tersebut diikuti oleh 42 peserta dari Sektor Energi untuk diberikan pelatihan dalam menangani insiden siber mulai dari preparation, identification, containment,...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This