Palembang, BSSN.go.id – Sebagai institusi pemangku kepentingan keamanan siber,  Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) menyelenggarakan roadshow Kampanye Literasi Keamanan Siber atau yang biasa disebut KLiKS BSSN di berbagai kota. Salah satu kegiatan literasi keamanan siber tersebut adalah Dalinfo Goes to School (DGTS) yang digelar di Kota Palembang, Kamis (18/11/2021).

Kegiatan Dalinfo yang merupakan akronim “Pengendalian Informasi” tersebut melibatkan perwakilan kepala sekolah dan guru berbagai sekolah di kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan.

Membuka acara Direktur Operasi Keamanan dan Pengendalian Informasi BSSN Rinaldy menyatakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bentuk jaringan internet sebagai basis ruang siber menjadi peluang sekaligus tantangan bagi kalangan pelajar.

“Di satu sisi pelajar bisa memanfaatkan ruang siber untuk menunjang pembelajaran namun di sisi lain pelajar juga berisiko menjadi korban kejahatan ketika menggunakan internet. Saya harap edukasi kesadaran keamanan siber dapat diteruskan oleh tenaga pendidik atau guru yang mengikuti kegiatan ini kepada anak didik di sekolah masing-masing. Sekolah harus menjadi pusat peningkatan kesadaran keamanan siber,” kata Rinaldy.

Rinaldy berharap kegiatan bertema “Meningkatkan Peran Sekolah dalam Membentuk Kesadaran Keamanan Siber” tersebut dapat menjadi langkah awal mendorong sekolah menyiapkan program peningkatan kapasitas dan budaya kesadaran keamanan siber siswa serta menumbuhkan sifat skeptis pada informasi yang beredar di internet.

“Tujuan jangka panjang program ini adalah terbentuknya kemampuan siswa sebagai pengguna internet mengenali, menghindari dapat menjaga diri dari risiko bahaya ancaman yang ada di ruang siber,” ungkap Rinaldy.

Kepala Bidang Sekolah Menengah Atas Provinsi Sumatera Selatan Mashedata Musa’i dalam kesempatan tersebut mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan menyatakan menyambut baik kegiatan DGTS.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal upaya peningkatan kesadaran keamanan siber di lingkungan sekolah di Provinsi Sumatera Selatan dan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan,” ujar Mashedata.

Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Umum Politeknik Siber dan Sandi Negara Dr. Bety Hayat Susanti, S.Si., M.E. dalam kesempatan tersebut menjadi narasumber menyampaikan “Urgensi Materi Keamanan Siber pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah”. Dosen Fasilkom Universitas Bina Darma Yesi Novaria Kunang, S.T., M.Kom. menyampaikan materi “Ancaman di Ruang Siber dan Media Sosial.”

Dalam kesempatan tersebut narasumber BSSN Serep Manahan Hamonangan, S.S.T.MP. melakukan simulasi insiden keamanan siber “Ancaman Phising” sedangkan Ayu Pustikasari, S.ST., M.Kom. memaparkan materi “Indeks Kesadaran Keamanan Siber” dan “Tips Kesadaran Keamanan Siber.”

Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19 protokol kesehatan serta pembatasan jumlah peserta dilakukan secara ketat.

Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN