Bogor, BSSN.go.id – Salah satu tugas BSSN adalah melakukan standarisasi dan fasilitasi sertifikasi produk keamanan siber dan sandi memerlukan SDM yang kompeten dan bersertifikasi agar mampu melakukan tugas dan tanggung jawabnya dalam pengelolaan laboratorium.

“Salah satu fasilitas yang harus dimiliki bssn adalah laboratorium untuk melakukan sertifikasi TI sesuai dengan common criteria. Hal tesebut bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan TI berupa sertifikat pada perangkat TI yang digunakan oleh masyarakat,” Ujar Endang Lestari Direktur PPPKSS. Hal ini disampaikannya dalam kegiatan FGD Penyusunan Peraturan BSSN tentang Lisensi Laboratorium Pengujian Common Criteria Indonesia pada Kamis, 14 November 2019 di Hotel Aston Bogor.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pejabat struktural dan fungsional di lingkungan BSSN.
Kegiatan FGD menghadirkan narasumber antara lain Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN Donny Purnomo Juardhi, Kepala Seksi Pelayanan Teknis Balai Sertifikasi Kemendag RI Nurul Fadhlina, Pejabat Fungsional Perekayasa Madya BPPT Dwidharma Priyasta serta dari BSSN Adang Rohiyat.

Pada paparannya Donny sebagai narasumber menyampaikan bahwa infrastruktur mutu diperlukan karena konsumen dan pemerintah membutuhkan jaminan bahwa barang, jasa dan proses yang digunakan memenuhi persyaratan.

Selanjutnya dalam paparannya Nurul menjelaskan bahwa dalam lembaga sertifikasi diperlukan banyak syarat yang perlu disiapkan salah satunya SDM yang kompeten, manajemen personil yang baik, mampu menjaga rahasia serta memiliki kinerja yang baik. Selain hal tersebut juga dijelaskan tentang kontrak kerja lembaga sertifikasi dengan laboratorium.

Sedangkan Dwidharma dari BPPT menjelaskan standar dan regulasi tentang akreditasi. Dwi menekankan bahwa laboratorium harus menetapkan sistem manajemen mutu yang merupakan jaminan mutu dari laboratorium. Hal ini memerlukan proses yang panjang dan harus lolos uji dalam setiap tahapan.

Selesai sesi paparan para narasumber dilakukan diskusi dan tanya jawab yang terlihat dinamis dengan berbagai macam pertanyaan dari peserta. (FN-YH)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN

Waka BSSN Ajak Seluruh Elemen Bersih Dari Korupsi

Bogor, BSSN.go.id - Wakil Kepala BSSN Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H menjadi pembicara dalam kegiatan Workshop bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Banten dengan tema "Membangun Negeri Tanpa Korupsi" di Aula Hotel Seruni, Bogor (2/12). Tujuan...

Topping Off Gedung Deputi III BSSN

Depok, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melakukan topping offpemasangan atap bagunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi kepada Gedung Deputi III Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN di Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa...

Share This