Jakarta, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia sepakat menandatangani kerjasama tentang pemanfaatan sertifikat elektronik pada sistem elektronik.

Kerjasama itu ditandatangani oleh Deputi Bidang Proteksi BSSN Akhmad Toha, sedangkan dari Kemenhub dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo, serta dihadiri oleh sejumlah pejabat dari kedua instansi.

Pantauan Humas BSSN, acara dilaksanakan pada Kamis (13/12/2019) pagi, di Ruang Rapat Sriwijaya Lantai 4 Gedung Karsa Kementerian Perhubungan, sekitar pukul 08.30 dan berakhir pukul 09.00 waktu setempat.

Kerjasama ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi dalam menciptakan keamanan siber, serta merujuk pada Perpres Nomor 95 Tahun 2018, dimana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE merupakan suatu langkah yang diambil dalam rangka mewujudkan tata kelola  pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel.

“Dengan demikian pejabat pemerintah pada instansi terkait dapat memberikan persetujuan melalui tanda tangan digital dengan menggunakan sertifikat elektronik. Serta, tentunya akan ada penghematan dalam anggaran alat tulis kantor dan efisiensi karena pejabat dapat memberikan persetujuan melalui tanda tangan digital dari mana saja,” ujar Deputi Bidang Proteksi BSSN Akhmad Toha. (RM)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN