Jakarta, BSSN.go.id – Tingginya penggunaan teknologi, khususnya informasi dan komunikasi (TIK) dan makin maraknya keterkaitan TIK dengan kehidupan sehari-hari mengakibatkan frekuensi ancaman serta serangan siber semakin meningkat.

Fakta tersebut didukung oleh data serangan siber Honeynet BSSN-IHP tahun 2020 yang menunjukkan bahwa total serangan siber ke Indonesia adalah 316.167.753 meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 98.243.896. Dari data tersebut terlihat bahwa telah terjadi peningkatan serangan siber yang sangat tinggi, dimana saat pandemi covid-19 sebagian besar aktivitas sosial, pendidikan, ekonomi dan bekerja dilakukan secara online. Dalam kondisi seperti ini membutuhkan peran kuat dari berbagai pemangku kepentingan dimana BSSN sebagai koordinatornya.

“Oleh karena Itu, BSSN sangat terbuka untuk dapat berkerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai sektor salah satunya dengan akademisi dan komunitas dalam upaya menjaga keamanan siber nasional,” ujar Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN, Dono Indarto dalam kegiatan webinar ISIF Asia dengan tema “Building Collaboration in The Cyber Security Community” yang diselenggarankan oleh MIT SGU berkolaborasi dengan BSSN dan IHP, pada Rabu (2/6) secara daring.

Dono mengatakan bahwa sebagai bentuk nyata kolaborasi dibidang keamanan siber, BSSN melakukan joint research dengan Swiss German University (SGU) dan Indonesia Honeynet Project (IHP) pada salah satu project penelitian di Information Society Innovation Fund (ISIF) Asia. Project ini dipimpin oleh Charles Lim selaku Deputy Head of Master of Information Technology pada SGU dan sekaligus Indonesia Honeynet Project Chapter Lead. Fokus project tersebut mengenai Honeynet Threat Sharing Platform.

“Tujuan dari Project Honeynet Threat Sharing Platform ini adalah untuk menyediakan platform sharing bagi setiap pemangku kepentingan yang terhubung dalam sistem ini di Indonesia (nantinya dapat diterapkan di negara-negara ASEAN atau Asia Pasifik) untuk berbagi informasi ancaman keamanan yang dikumpulkan melalui Honeypot pada organisasi di berbagai negara yang terhubung dalam forum tersebut,” jelas Dono.

Selain itu, project ini bersifat terbuka untuk semua peneliti yang tertarik untuk membantu membangun postur keamanan yang lebih baik di negara masing masing, project ini pun menjadi sebuah inovasi dan pertama kali dilakukan dengan menggabungkan upaya penelitian antara pemerintah (BSSN), akademisi (SGU), dan komunitas keamanan siber (IHP) untuk membangun Platform Threat Information Sharing.

Melalui kegiatan ini, BSSN berharap dapat terus membangun kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan di bidang keamanan siber. “Selain itu kegatan ini dapat menjadi model yang baik bagaimana membangun kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan didasari oleh rasa tanggung jawab yang sama untuk berpartispasi aktif menjaga keamanan siber Indonesia sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya masing-masing,” tutup Dono.

Dalam kegiatan webinar ISIF Asia ini, hadir sebagai opening speech lainnya diantaranya Head of MIT SGU as the Chairman of the committee, Eka Budiarta; Indonesia Honeynet Project Chapter Lead, Dr. Charles Lim; Rektor Swiss German University Dr.Rer.Nat Filiana Santoso. Serta sebagai pembicara diantaranya, Head of IHP, Dr. Charles Lim yang membawakan materi Community Collaboration for Honeynet Threat Sharing; Direktur Deteksi Ancaman BSSN, Dr. Sulistyo yang membawakan materi Threat Detection Maturity Level; dan Lecturer at MIT SGU, Kalpin Erlangga Silaen yang membawakan materi Honeynet Threat Sharing Platform Architecture. (De/Yud)

Biro Hukum dan Hubungan masyarakat – BSSN

Minimalisir Ancaman Siber BSSN Resmikan SumselProv-CSIRT

Palembang, BSSN.go.id - Menghadapi serangan yang berada di ruang siber, negara hadir melalui BSSN yang berperan aktif dalam upaya meningkatkan keamanan siber di Indonesia. BSSN terus berupaya memperbaiki kinerjanya dalam menjalankan tugas dan fungsi di bidang keamanan...

Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?

Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...

Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak

Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...

Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...