Jakarta (21/7). Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) meresmikan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan launching yang digelar secara virtual dari Aula Kantor BSSN Depok, Jawa Barat pada hari Selasa (21/7/2020) tersebut dihadiri oleh Kepala BSSN Hinsa Siburian, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno serta Kepala Dinas Kominfo Sumatera Barat, Jasman Rizal.

Dalam sambutannya Hinsa menyampaikan, BSSN mendukung seluruh upaya stakeholder keamanan siber dan persandian dalam melakukan diseminasi informasi dan sharing knowledge terkait keamanan siber sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi BSSN dengan para pemangku kepentingan keamanan siber.

 

“Kolaborasi dan sinergi BSSN dengan kalangan akademisi, bisnis (enterprise/perusahaan) dan pemerintah bisa diwujudkan melalui forum dan kegiatan seperti ini. Saya harap seluruh elemen di Indonesia menjalin kerja sama sebagai fondasi kinerja yang lebih sinergis dan tepat sasaran di masa yang akan datang,” kata Hinsa.

Lebih lanjut Hinsa menyatakan pembentukan CSIRT pemerintah daerah/instansi merupakan wujud nyata kolaborasi dan sinergi keamanan siber. Penanganan insiden siber membutuhkan kolaborasi dan sinergi berbagai pihak agar bisa dilakukan dengan cepat dan efektif.

“Kebersamaan segenap elemen bangsa yang tergabung dalam CSIRT merupakan kunci kemandirian serta kesiapan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman siber,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Irwan Prayitno menyatakan menyambut baik pembentukan CSIRT Provinsi Sumatera Barat. “Kami mengapresiasi pembentukan CSIRT ini dan berterima kasih kepada BSSN, menjadi suatu kebanggaan bagi kami, Provinsi Sumatera Barat, bisa bekerja sama dengan BSSN untuk dukung kepentingan yang luar biasa. Keamanan data kita sangat perlu untuk kita jaga,” jelas Irwan.

 

Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN Yoseph Puguh Eko Setiawan, Pejabat Struktural BSSN, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kepala Dinas Kominfo se-Sumatera Barat mengikuti kegiatan dari ruang kerja masing-masing.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Kapasitas Mandiri Organisasi Modal Pertama Hadapi Serangan Siber

Jakarta - BSSN.go.id (6/8). Terkait dengan keamanan siber, Direktur Proteksi Ekonomi Digital Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiyawan dalam diskusi dalam jaringan Cyber Security Workshop bertema “Data Protection and Data Regulations in Indonesia” yang...

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...