Depok, BSSN.go.id – Mengawali tahun 2022, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan rapat pimpinan (rapim) awal tahun bertema “Peningkatan Sinergisitas dan Profesionalitas Keamanan Siber dan Sandi Menuju Indonesia Tangguh.” Rapim dibuka oleh Kepala BSSN Hinsa Siburian di Aula BSSN Depok, Jawa Barat, Selasa (4/1/2022).

Rapim BSSN Tahun 2022 tersebut bertujuan untuk mencapai kesepahaman bersama seluruh unit kerja BSSN dalam melaksanaan berbagai tugas dan fungsi yang dimiliki sehingga dapat tersinergikan secara berkelanjutan melalui komitmen bersama dalam melaksanakan tugas dan fungsi BSSN yang optimal dan berkualitas.

Hinsa juga mengingatkan seluruh insan keamanan siber dan sandi yang bertugas di BSSN agar selalu berpegang teguh pada Nilai-Nilai Pancasila yang merupakan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia.

“Teknologi tentu terus berkembang dan selalu berubah, tapi saya katakan ada hal yang tidak perlu berubah dan tidak boleh diubah, yaitu kesetiaan pada Pancasila,” tegas Hinsa.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BSSN menyampaikan Rapim BSSN Tahun 2022 juga merupakan media evaluasi bagi seluruh unit kerja BSSN sehingga dapat terus mengembangkan diri dan tidak tertinggal oleh kemajuan teknologi.

“Rapim ini kita gunakan sebagai bahan evaluasi, karena memang kita bergerak terus dan lingkungan strategis kita juga bergerak terus, teknologi berkembang terus, maka kitapun harus bergerak, karena kalau tidak, akan ditinggal oleh dinamika kemajuan teknologi dan kemajuan bangsa dan negara,” kata Hinsa Siburian.

Hinsa kemudian menyampaikan saat ini bentuk ancaman kepada negara bukan hanya melalui darat, laut dan udara saja tetapi juga melalui ruang siber. Hal tersebut menjadikan BSSN memiliki ruang lingkup tugas yang semakin luas.

“Tugas pokok kita semakin luas, dahulu semasa Lembaga Sandi Negara tugas kita sebatas membangun sistem sandi, memastikan enkripsinya kuat sehingga informasi dapat sampai ke tujuan dengan selamat. Namun di masa BSSN ini tugas kita mengamankan ruang siber nasional. Filosofinya tidak berubah tapi ruang lingkup tugasnya semakin besar,” ungkap Hinsa.

Wakil Kepala BSSN, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama, Pejabat Administrasi, Koordinator Fungsi, Pejabat Fungsional Tingkat Madya serta Pejabat Akademik dari Poltek SSN dan Kepala Museum Sandi mengikuti Rapim BSSN Tahun 2022 tersebut.

Rapim direncanakan berlangsung selama empat hari pada 4-7 Januari 2022 membahas pelaksanaan program kerja serta isu-isu strategis terkait pelaksanaan tugas dan fungsi BSSN di masa mendatang.

Biro Hukum dan Komunikas publik BSSN