Denpasar, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali menyelenggarakan Program Bimbingan Teknis Penerapan Penilaian Mandiri Keamanan Informasi atau yang biasa disebut PAMAN KAMI di Kota Denpasar Provinsi Bali. Program tersebut mengusung tema ’’Mari Kita Bersama Mewujudkan Keamanan Nasional dan Pertumbuhan Perekonomian Nasional” yang dilaksanakan pada 16 Juni 2021 bertempat di HARRIS Hotel & Conventions Denpasar – Bali.

Selain untuk memberikan literasi tentang Keamanan Informasi, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendukung Program Bangga Buatan Indonesia (BBI), dimana Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata prioritas. Melalui program Bimtek PAMAN KAMI kepada UKM, khususnya yang bergerak dalam usaha kuliner, kriya dan fesyen, diharapkan para pelaku usaha tersebut dapat lebih siap dalam menerapkan prinsip-prinsip keamanan informasi.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ini berlangsung selama satu hari melalui seminar dan asistensi, diikuti oleh 30 UKM dari Kota Denpasar dan sekitarnya. Acara dibuka oleh Dra. Rr. Retno Artinah Suryandari selaku Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN. Dalam sambutannya, Retno mengatakan ”Masalah keamanan informasi bagi pelaku UKM dianggap permasalahan yang baru, hal ini tidak hanya di Indonesia, namun juga di terjadi di beberapa negara.

Saat ini program PAMAN KAMI menjadi salah satu solusi untuk keamanan informasi bagi para pelaku UKM. Disamping itu, PAMAN KAMI pada tahun ini juga telah dipaparkan di forum APEC”. Dengan demikian, melalui program PAMAN KAMI yang berisi tools yang sangat ringkas dan mudah dibuat secara fundamental demi keamanan informasi ini diharapkan dapat membantu pengembangan para UKM.

Selanjutnya, drh. I Wayan Mardiana, M.M., Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “akibat dari Pandemi Covid 19 perekonomian di Provinsi Bali yang sangat mengandalkan sektor pariwisata mengalami penurunan sebesar 9,31% karenanya banyak pelaku UKM yang mulai Go Digital diharapkan untuk dapat bertahan. Salah satu tantangan yang dihadapi pelaku UKM ketika Go Digital adalah ancaman serangan siber, untuk itu diperlukan pengamanan, agar usaha para pelaku UKM terlindungi.”

I Wayan Mardiana, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BSSN ini di Provinsi Bali meskipun masih dalam suasana Pandemi Covid19. Kegiatan ini sangat penting, karena memberi bekal pada teman-teman UKM bagaimana menyikapi masalah dalam mengimplementasikan Go Digital tersebut. Mardiana juga berharap agar program Penerapan PAMAN KAMI untuk UKM dapat dilakukan secara berkesinambungan, karena sangat bermanfaat bagi UKM seiring dengan pesatnya pertumbuhan UKM dan perkembangan teknologi.

Pada sesi penyampaian materi tentang “Panduan Singkat dan Praktis Terkait Keamanan Informasi bagi Pebisnis Online di Era Ekonomi Digital” oleh Baderi, S.Sos., M.E., dijelaskan, dari 196 juta pengguna internet di Indonesia yang didominasi pengguna smartphone tak lepas dari ancaman dan serangan siber. Karena itu, BSSN hadir membantu penerapan keamanan informasi untuk para pelaku UKM guna melindungi diri dari ancaman dan serangan siber.

Materi “PAMAN KAMI – Solusi Cerdas untuk Mengukur Tingkat Keamanan Informasi bagi Pelaku UKM” disampaikan oleh Fadly Achmad, S.ST. Guna lebih memahami dalam penerapan PAMAN KAMI tersebut, narasumber mengajak para peserta bersama-sama untuk mempraktikkan apa yang telah dipaparkan dengan cara mengisi tools PAMAN KAMI dalam rangka mengukur tingkat keamanan informasi pada masing-masing pelaku UKM yang hadir.

Dengan berlangsungnya kegiatan Program Bimtek PAMAN KAMI di Kota Denpasar ini diharapkan para pelaku UKM di Kota Denpasar dan sekitarnya yang sudah Go Digital dapat mengetahui akan pentingnya keamanan informasi serta memiliki security awareness yang tinggi, sehingga mereka dapat menerapkan keamanan informasi pada usahanya guna turut mewujudkan keamanan nasional dan pertumbuhan perekonomian nasional. (Tul)

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?

Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...

Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak

Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...

Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...