Depok, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar NGOPI RB dengan tema Forum Teknologi. Pada kesempatan tersebut Tim Reformasi Birokrasi Internal BSSN bekerja sama dengan Unit Kerja Pusat Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Keamanan Siber dan Sandi membahas tentang Teknologi IP dan Kebijakannya. Kegiatan dihelat secara virtual pada Rabu (7/4).

Berbicara tentang ruang siber atau internet, yaitu mengenai Internet Protocol technology IP dalam hal ini khususnya mengenai IP Address. Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Keamanan Siber dan Sandi, Anton Setiawan mengatakan itu merupakan hal berbeda.

“Kalau Internet Protocol sekumpulan pedoman yang menjadi acuan dalam melakukan kirim terima data antar perangkat melalui jaringan. Sedangkan konsep dari IP Address adalah alamat unik yang menjadi identitas dari sebuah perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik itu jaringan internet atau jaringian local,” ujar Anton, yang hadir sebagai narasumber kegiatan tersebut.

IP Address sendiri memikili konsep sebagai sebuah alamat dari perangkat yang dapat terhubung dengan jaringan komputer. Semua perangkat seperti komputer, laptop, handphone, IP TV, router, switch, wireless access point dan perangkat lain yang mendukung teknologi IP jika terhubung pada sebuah jaringan maka akan mendapatkan sebuah IP address.

“Fungsi vital adalah menghubungkan sebuah perangkat ke internet. Tanpa adanya IP Address ini perangkat tidak mungkin bisa terhubung dengan internet,” kata Anton. Menurut Anton, analogi paling mudah dari pengalamatan IP address adalah sebuah alamat rumah, begitupun komputer/perangkat yang terhubung dengan jaringan internet, alamat IP dibutuhkan agar paket dapat dikirimkan ke perangkat tersebut dengan benar. Selain menjelaskan tentang IP address yang mendalam, Anton juga memberikan praktik sederhana bagaimana melihat IP address pada sebuah perangkat yang terhubung dengan internet.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama para peserta yang hadir melalui virtual.  Tampak hadir dalam acara dimaksud Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak, serta Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan BSSN. (Dew/Yud)

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN