Jakarta, BSSN.go.id – Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung nomor 1 tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan SK Mahkamah Agung Nomor 129/KMA/SK/VIII/2019 tentang Petunjuk Teknis Administrasi dan Persidangan Secara Elektronik yang mewajibkan penggunanaan tanda tangan elektronik pada salinan putusan yang dapat diunduh dalam persidangan secara eletronik.

Terkait hal tersebut dalam rangka implementasi tanda tangan elektronik pada sistem peradilan berbasis elektronik (e-Court), Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Mahkamah Agung (MA) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggaralan sosialisasi dan bimtek implementasi dan kekuatan hukum tanda tangan elektronik pada sistem peradilan berbasis elektronik (e-Court) kepada para hakim perwakilan dari beberapa pengadilan di Indonesia yang bertempat di Aula Hotel Merlynn Park Jakarta, Jumat (22/11).

Akhmad Toha, S.AP Deputi Bidang Proteksi BSSN dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam memberikan sistem peradilan berbasis elektronik tersebut membutuhkan sebuah metode pembuktian dokumen yang dapat memberikan keautentikan data digital dan memiliki kekuatan hukum yang sah. Sehingga dokumen disertakan dalam pembuktian pada sistem e-Court dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan juga putusan elektronik yang diterbitkan oleh pengadilan adalah putusan yang dipercaya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN Anton Setiyawan, S.si., M.M. Dr. Phil menyampaikan bahwa tanda tangan elektronik pastinya akan memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Seperti contoh keamanan terjamin, ramah lingkungan, meningkatkan kepercayaan publik, meningkatkan keamanan transaksi elektronik dan masih banyak lagi.

BSSN mengharapkan kerja sama dan kolaborasi ini dapat terus dijalankan di kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak positif lainnya bagi Indonesia, khususnya untuk mewujudkan clean governance melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Indonesia. (RH-YH)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN

Waka BSSN Ajak Seluruh Elemen Bersih Dari Korupsi

Bogor, BSSN.go.id - Wakil Kepala BSSN Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H menjadi pembicara dalam kegiatan Workshop bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Banten dengan tema "Membangun Negeri Tanpa Korupsi" di Aula Hotel Seruni, Bogor (2/12). Tujuan...

Topping Off Gedung Deputi III BSSN

Depok, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melakukan topping offpemasangan atap bagunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi kepada Gedung Deputi III Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN di Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa...

Share This