Jakarta, BSSN.go.id – BSSN menerbitkan hasil monitoring berbagai aspek dan parameter keamanan siber nasional tahun anggaran 2020 berjudul Laporan Hasil Monitoring Keamanan Siber Tahun 2020 dalam kegiatan “Webinar Publikasi Hasil Monitoring Keamanan Siber Tahun 2020” yang digelar di Kantor BSSN Ragunan, Jakarta Selatan pada Senin (1/3).

Laporan tersebut disusun oleh Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional (Pusopskamsinas) BSSN. Data monitoring keamanan siber tersebut dikumpulkan dari sistem monitoring keamanan siber, pengawasan anomali trafik, penerimaan aduan keamanan siber dan penerimaan pemantauan komunitas CSIRT.

Informasi hasil monitoring tersebut diharapkan dapat menjadi bahan literasi yang dimanfaatkan oleh berbagai pemangku kepentingan keamanan siber untuk meningkatkan kesadaran dan budaya keamanan siber. Laporan tersebut juga diharapkan dapat menjadi acuan para pemangku kepentingan keamanan siber dalam membuat kebijakan dan menyusun berbagai langkah pengelolaan keamanan siber di organisasi atau instansi masing-masing. Dari data tersebut juga disusun imbauan keamanan yang bisa langsung diaplikasikan oleh masyarakat.

Webinar menghadirkan dua narasumber yaitu Plt. Kepala Pusopskamsinas, Sandiman Ahli Madya Pusopskamsinas BSSN – Adi Nugroho dan Founder Forum Keamanan Siber dan Informasi – Gildas Deograt Lumy yang dipandu oleh moderator Sandiman Pertama Pusopskamsinas – Oliva Regina.

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN