Jakarta, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara sukses meraih predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), pada Senin (21/12).

Unit kerja yang mendapatkan apresiasi dan penganugerahan Zona Integritas adalah Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), sebagai unit kerja pelayanan percontohan yang mampu mencegah KKN guna mewujudkan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi.

“Anugerah tersebut merupakan bukti komitmen BSSN untuk terus membangun program reformasi birokrasi sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas di seluruh unit kerja di BSSN,” ujar Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak.

Lebih lanjut Syahrul menegaskan, capaian ini merupakan upaya atau hasil kerja dari BSrE beserta Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi di BSSN.

“Harapan pada tahun berikutnya penghargaan serupa juga dapat diraih oleh unit-unit kerja pelayanan lainnya, sehingga seluruh unit kerja pelayanan BSSN mendapatkan predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” pesan Syahrul usai mengikuti acara tersebut di ruang kerjanya.

Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) merupakan salah satu unit kerja di Deputi II Bidang Proteksi Badan Siber dan Sandi Negara yang ditunjuk melaksanakan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani oleh Kepala BSSN.

Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM adalah langkah akselerasi guna mencapai sasaran Reformasi Birorkasi. Secara umum targetnya adalah peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bebas dan bersih korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), serta peningkatan pelayanan publik. Setiap instansi pemerintah diwajibkan membangun percontohan (pilot project) pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada tingkat unit kerja melalui pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

 

Pada penilaian Zona Integritas tahun 2020 ini, sebanyak 3.691 unit kerja dari 70 Kementerian/Lembaga, 20 Pemerintah Provinsi dan 161 Pemerintah Kabupaten/Kota yang diusulkan untuk mengikuti evaluasi Zona Integritas. Namun hanya 763 unit kerja yang berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Pemberian anugerah Zona Integritas itu dilaksanakan secara secara virtual dari Jakarta serta disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin dan para pejabat satker dari kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang mendapat penghargaan.

Adapun kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia (Harkodia) 2020. Hal ini dimaksudkan agar momentum Hari Anti Korupsi Sedunia bisa menjadi pemicu bagi seluruh Instansi Pemerintah untuk melakukan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi secara konkrit, sistematis, dan berkelanjutan, melalui penerapan program Reformasi Birokrasi yang telah ditetapkan.

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – Badan Siber dan Sandi Negara

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...