Depok-BSSN.go.id (11/8). Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo meresmikan GorontaloProv-CSIRT (Computer Security Incident Response Team) pada Selasa, 11 Agustus 2020 sebagai Government-CSIRT keempat di Indonesia menyusul JatimProv-CSIRT Pemprov Jawa Timur yang diresmikan pada 11 Maret 2020, SumbarProv-CSIRT Pemprov Sumatera Barat yang diresmikan pada 21 Juli 2020 dan EduCSIRT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diresmikan pada 5 Agustus 2020 lalu.

Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN, Yoseph Puguh Eko Setiawan ketika memberikan sambutan dan membuka kegiatan tersebut menyebut keamanan siber merupakan enabler yang mendukung inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan perkembangan sosial.

“Tantangan dan peluang di ruang siber terus berkembang sehingga diperlukan kolaborasi dan sinergi insentif dari setiap elemen yang terlibat di dalamnya. Kolaborasi dan sinergi pemerintah pusat dalam hal ini BSSN dengan pemerintah daerah menjadi salah satu kunci dalam membangun ruang siber Indonesia yang aman dan menyejahterakan,” tegas Puguh.

Asisten Administrasi Umum Pemprov Gorontalo, Iswanta, mewakili Sekretaris Daerah Pemprov Gorontalo menyampaikan “Terkait CSIRT, BSSN sudah memberikan asistensi dalam bentuk workshop penanganan insiden siber kepada Pemprov Gorontalo sejak Agustus 2019.”

Saya harap launching GorontaloProv-CSIRT ini dapat menjadi tonggak dimulainya kolaborasi intensif antara pusat, dalam hal ini BSSN, dengan daerah, dalam hal ini Pemprov Gorontalo, terkait  penanganan dan penanggulangan insiden keamanan siber sehingga insiden yang terjadi dapat dimitigasi dan direspon dengan cepat sehingga pemulihan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efesien,” tegas Iswanta.

Menutup sambutan, Iswanta menambahkan “GorontaloProv-CSIRT akan sangat diandalkan dalam mendukung pelaksanaan tugas, fungsi dan layanan Pemprov Gorontalo yang kini sudah mulai banyak didigitalisasi.”

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat-BSSN

BSSN dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Resmikan JabarProv-CSIRT

Depok, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat(Pemprov Jabar) meresmikan Computer Security Incident Response Team Pemerintah Provinsi Jawa Barat(JabarProv-CSIRT). Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN Yoseph...

BSSN Jalankan Strategi Baru Reformasi Birokrasi

Jakarta, BSSN.go.id – Hasil monitoring dan evaluasi merupakan masukan yang sangat berharga dalam menyusun rencana aksi perbaikan suatu program kerja/kegiatan. Pelaksanaan kegiatan termasuk agenda reformasi birokrasi dalam institusi pemerintah agar dapat berjalan...

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...