Depok, BSSN.go.id – Sistem TIK memiliki fungsi strategis pada suatu infrastruktur vital, umumnya disebut sebagai Critical Information Infrastructure. Dalam PP RI Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE), diatur bahwa sektor energi dan sumber daya mineral, termasuk ke dalam sektor-sektor strategis. Selanjutnya berdasarkan PP RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang pengelolaan bersama sumber daya alam minyak dan gas bumi di Aceh.

BPMA merupakan institusi penyelenggara sistem elektronik pada sektor energi dan sumber daya mineral khususnya pada subsektor minyak dan gas bumi. Beberapa hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN, Irjen Pol. Dono Indarto, dalam sambutan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) di Ruang Rapat Sestama Gedung Utama BSSN, Sawangan, Depok pada hari Selasa (30/3).

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dilakukan oleh Deputi Bidang Indentifikasi dan Deteksi BSSN, Irjen Pol. Dono Indarto dan Kepala BPMA Teuku Mohamad Faisal.

Dalam sambutannya Dono mengutarakan, kunci utama dalam penerapan keamanan siber adalah terwujudnya sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, dalam hal ini antara BSSN dengan BPMA. “Oleh karena itu dalam mewujudkan sinergitas tersebut sejak tahun 2019, BSSN telah terlibat dalam upaya peningkatan kesadaran keamanan siber di BPMA, khususnya dengan SDM pengelola TIK berupa kegiatan koordinasi, diskusi dan information sharing tentang keamanan siber di lingkungan BPMA,” ujar Dono.

 

“Kerjasama ini tentunya akan meningkatkan kedua belah pihak pada kegiatan-kegiatan teknis selanjutnya sesuai dengan hak dan kewajiban yang tertuang pada Perjanjian Kerjasama,” lanjut Dono.

“Saya berharap semoga dengan adanya penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini akan memotivasi dan menumbuhkan komitmen antara Badan Pengelola Migas Aceh dan Badan Siber dan Sandi Negara dalam penyelenggaraan keamanan siber di lingkungan BPMA,” tutup Dono.

Dalam kesempatan tersebut Teuku Mohamad Faisal menyatakan penandatanganan kerja sama ini adalah bentuk sinergitas kedua badan pemerintah yang akan memberikan dukungan satu sama lain untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan aman. “Bagi kami, informasi yang kami kelola sebagiannya adalah aset negara, dimana informasi tersebut dikategorikan rahasia yang diatur secara tegas dalam penggunaannya,” ujar Faisal.

“Kami berharap pelaksanaan poin-poin kerjasama dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan pemahaman terkait keamanan dan ketentuan dalam pengelolaan informasi di dunia siber sehingga secara dini kita dapat memitigasi risiko-risiko serangan, penyalahgunaan dan pelanggaran,” tutup Faisal.

Usai menandatangani PKS kedua pihak bertukar cinderamata dan foto bersama. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat struktural dan staff di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara, serta jajaran pejabat Badan Pengelola Migas Aceh. (Im/Yud)

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?

Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...

NGOPI RB: SPBE Series#3 Diskusi Peran BSSN dalam SPBE

Depok, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar lanjutan NGOPI RB Series, dimanapada Series ke-3 ini, para narasumber dan peserta banyak berdiskusi terkait strategi BSSN dalam menjalankan amanah SPBE. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula BSSN Sawangan,...

Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?

Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...

Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak

Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...

Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...