Jakarta (8/4), Sektor Transportasi Udara menjadi salah satu program prioritas pelindungan siber yang dilakukan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sebagaimana yang di ketahui, bahwa telah terjadi banyak insiden siber dalam beberapa tahun terakhir pada dunia penerbangan. Beberapa kejadian seperti serangan pada layar monitor informasi penerbangan di Bandara Hanoi dan  Ho Chi Minh oleh grup hacker china 1937CN pada bulan Juli tahun 2016. Kemudian juga serangan yang menyebabkan kebocoran sejumlah data pribadi pelanggan maskapai penerbangan British Airways dan Cathay Pacific pada medio bulan September sampai dengan Oktober 2018.

Berkaitan dengan insiden tersebut, BSSN menanggapi dengan perlu adanya antisipasi dengan melakukan serta meningkatkan kolaborasi dan sinergi diantara seluruh stakeholders di Sektor Transportasi Udara dalam rangka mewujudkan keamanan siber di bidang penerbangan nasional. Wujud sinergi tersebut berbentuk Workshop Keamanan Siber Infrastruktur Informasi Kritis Nasional (IIKN) Sektor Transportasi Udara.

Workshop ini dilaksanakan pada Senin (8/4) di Swiss BelHotel Airport Jakarta. dihadiri oleh Pejabat dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Pimpinan Kantor Otoritas Bandara, Stakeholders Sektor Transportasi Udara, dan Pejabat Struktural BSSN. Pelaksanaan Workshop dimulai dengan Sambutan dari Plt. Deputi Bidang Proteksi BSSN, Agung Nugraha S.IP., M.Si (Han) dan juga Sambutan Direktur Keamanan Penerbangan, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Dadun Kohar. Kemudian dilanjutkan paparan tentang Sosialisasi Unit Keamanan Siber Kementerian Perhubungan oleh Tim Seksi Siber/Penilaian Risiko Kemenhub serta paparan Sosialisasi Hasil Studi Lapangan dalam Rangka Penyusunan Renstra Perlindungan Siber Transport Udara & Instrumen Pengukuran Perlindungan Siber Sektor Transportasi Udara oleh Tim PriceWaterhouse Coopers (PwC).

BSSN juga memaparkan mengenai Sosialisasi Instrumen Identifikasi dan Penilaian Risiko oleh Kasubdit IKPR IIKN II, paparan Pembentukan CERT di Sektor Transportasi Udara oleh Kasbudit Gulih IIKN II, serta paparan Pembahasan Rencana Kegiatan tahun 2019 terkait dengan keamanan siber oleh Kasubdit Proteksi IIKN II. Setelah seluruh paparan selesai, kemudian dilaksanakan Penentuan Lokus sebagai Piloting implementasi Instrumen yang telah disusun sekaligus Pembentukan point of contact yang dipimpin oleh Kasubdit Proteksi IIKN II. Hal ini dilakukan apabila setelah kegiatan Workshop Keamanan Siber dapat terbentuk pola koordinasi dan kolaborasi dalam perlindungan terhadap IIKN antara BSSN dan Kemenhub dengan seluruh stakeholder Sektor Transportasi Udara. (ndn)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This