Jakarta (6/2). Kepala BSSN, Hinsa Siburian, menjadi pembicara dalam acara TIK-Talk yang diselenggarakan oleh WANTIKNAS di gedung Core Mediatech. Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Kominfo, Bappenas, Pemkab Kutai Kertanegara serta APJII tersebut mengambil tema “Keamanan Siber sebagai Fondasi dan Enabler Transformasi Digital di Indonesia.”

Dalam kegiatan tersebut Hinsa menjelaskan tentang kondisi ruang siber Indonesia, seperti misalnya mengenai serangan ransomeware WannaCry yang pernah terjadi pada sektor kesehatan Indonesia pada tahun 2017 dan adanya lebih dari 220 juta percobaan serangan siber di Indonesia pada tahun 2019.

Selain memaparkan tentang berbagai macam tantangan yang ada, Hinsa juga membahas mengenai beberapa teknologi pengungkit dunia siber dan sandi seperti misalnya teknologi artificial intelligence,  big data, blockchain dan internet of thing. Hinsa mengajak semua pemangku kepentingan keamanan siber di Indonesia untuk senantiasa mewaspadai dan mengantisipasi berbagai tantangan keamanan siber Indonesia dimasa depan, seperti misalnya perang informasi, ancaman pada insfrastruktur kritikal nasional dan berbagai bentuk kejahatan siber lainnya.

Dalam kegiatan tersebut Hinsa menegaskan bahwa BSSN siap berkontribusi aktif dalam program penguatan ketahanan dan keamanan siber yang kini menjadi program prioritas nasional pemerintah pada RPJMN 2020-2024.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Humas - BSSN

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This