Jakarta, BSSN.go.id – Bertempat di Aula The Margo Hotels Depok Jawa Barat, Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)  Mayjen TNI (Mar) Dr. Suharyanto, SE., M.M. mewakili Kepala BSSN membuka acara kegiatan Soft Launching Peta Okupasi Keamanan Siber Nasional tahun 2019. Acara ini dihadiri Mochtar Aziz Plt. Direktur Bina Standarisasi Kompetensi dan Pelatihan Kerja, Hedi M. Idris Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mahatmi Parwitasari Saronto Direktur Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementrian Ketenagakerjaan, serta mengundang segenap perwakilan dari sektor pemerintah, industri, akademisi, dan asosiasi/komunitas di bidang kemanan siber untuk bersama-sama mengkaji dan memberikan tanggapan terhadap draft rumusan peta okupasi kemanan siber nasional yang telah disusun BSSN. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (25/11).

“Keamanan siber telah menjadi isu prioritas seluruh negara di dunia semenjak teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam aspek sosial, ekonomi, hukum, organisasi, kesehatan, pendidikan, budaya, pemerintahan, kemanan, pertahanan, dan lain sebagainya. Berbanding lurus dengan tingginya tingkat pemanfaatan teknologi  informasi dan komunikasi tersebut, tingkat risiko dan ancaman penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi semakin tinggi dan semakin kompleks,” ulas Suharyanto.

Penyelenggaraan negara diera digitalisasi bertumpu pada pengolaan informasi yang baik dan aman sehingga pengelolaan dan pengamanan intensif di bidang siber dan sandi menjadi aspek kritikal dalam mendukung pencapaiannya. Berbagai inisiatif pemerintah untuk mengadopsi pemanfaatan teknologi informasi semakin meluas dan merata di berbagai bidang, membutuhkan kesiapan dan persiapan yang matang dari berbagai pemangku kepentingan.

Terbitnya Peraturan Presiden No. 53 tahun 2017 tentang BSSN telah menegaskan urgensi penataan  SDM keamanan siber untuk menjaga kemanan ruang siber  demi terkelolanya keamanan nasional yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi.

“Pada kesempatan yang baik ini BSSN berharap dapat bersinergi untuk membangun ekosistem yang kondusif untuk menciptakan kemanan siber di Indonesia,” ungkap Suharyanto. (RH-YH)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN

Waka BSSN Ajak Seluruh Elemen Bersih Dari Korupsi

Bogor, BSSN.go.id - Wakil Kepala BSSN Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H menjadi pembicara dalam kegiatan Workshop bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Banten dengan tema "Membangun Negeri Tanpa Korupsi" di Aula Hotel Seruni, Bogor (2/12). Tujuan...

Topping Off Gedung Deputi III BSSN

Depok, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melakukan topping offpemasangan atap bagunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi kepada Gedung Deputi III Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN di Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa...

Share This