Jakarta, BSSN.go.id – Bertempat di Hotel Mercure Jakarta, hari ini Kamis 12 Desember 2019 Deputi Bidang Proteksi BSSN, Akhmad Toha membuka acara Sosialisasi Rancangan Peraturan BSSN Tentang Penerapan Algoritma Kriptografi yang dihadiri oleh Sektor Pemerintah, Sektor Infrastruktur Kritikal Nasional dan Sektor Ekonomi Digital, Pejabat Struktural BSSN, Narasumber, dan Anggota Tim Penyusun RPB PAKI. Dalam sambutannya Akhmad mengatakan data pribadi dan data rahasia instansi atau perusahaan merupakan aset informasi penting yang telah melekat yang dimiliki dan dikelola oleh instansi atau perusahaan selaku Penyelenggara Sistem Elektronik.

Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) maupun penyelenggara layanan publik yang menghimpun, menyimpan, mengelola dan memanfaatkan informasi data pribadi harus memiliki sistem elektronik yang aman. Hal ini harus dilakukan agar setiap pengguna sistem elektronik tidak khawatir ketika melakukan transaksi elektronik menggunakan sistem elektronik tersebut. Di samping itu, penyelenggara sistem elektronik juga dapat meningkatkan reputasinya di mata pelanggan.

BSSN menyusun Rancangan Peraturan Badan Siber Dan Sandi Negara Tentang Penerapan Algoritma Kriptografi (PAK). Adapun hal yang perlu digaris bawahi adalah peraturan ini berlaku untuk seluruh penyelenggara sistem elektronik, baik sektor pemerintah, infrastruktur kritis nasional dan juga ekonomi digital (swasta).

BSSN berharap kegiatan ini memberikan pandangan dan tujuan yang sama tentang Penerapan Algoritma
Kriptografi, serta terbentuk koordinasi dan sinergi dalam perlindungan terhadap keamanan siber di Indonesia. (RH-YH)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN