Jakarta (29/6). Selama pandemi Covid-19, pada periode Maret-Mei 2020 terjadi lonjakan pemakaian Tanda Tangan Elektronik (TTE) hingga 512%. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Utama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Syahrul Mubarak, pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Panitia Kerja (Panja) Ketahanan Nasional untuk Mengatasi Dampak Virus Corona Komisi I DPR RI di Ruang Rapat Komisi I, Gedung Nusantara II, Senin (29/6).

“BSSN melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) sudah dan siap terus mendukung pelaksanaan kebijakan Work from Home selama masa pandemi dengan layanan sertifikat digital yang digunakan untuk tanda tangan elektronik,” papar Syahrul kepada Komisi I DPR RI.

“Ada 248 Instansi yang telah menggunakan layanan BSrE,” tegas Syahrul. “Selama pandemi perjanjian kerja sama terkait pemanfaatan sertifikat digital meningkat 95%.”

“Tanda tangan elektronik mudah dilakukan di mana saja dan kapanpun, proses kerja persetujuan/pengambilan keputusan berjenjang bisa dilakukan dengan lebih cepat dan lebih aman. Keamanan dokumen tejamin dan dapat dipastikan keaslian serta keutuhannya”, tambah syahrul.

Kepada Panja Syahrul menjelaskan langkah strategis BSSN dalam turut berperan serta menanggulangi pandemi Covid-19. “Saat ini BSSN terlibat dalam gugus tugas penanganan Covid-19, BSSN bertugas melakukan konsolidasi data, validasi data, analisis data dan pengamanan sistem informasi penanganan Covid-19.”

BSSN telah melakukan refocusing anggaran dan kegiatan untuk mendukung percepatan penangulangan Covid-19. “Di internal BSSN telah disusun dan dilakukan berbagai kebijakan dan praktik memutus mata rantai penyebaran/penularan Covid-19, sedangkan untuk kalangan masyarakat luas BSSN telah melakukan kampanye literasi keamanan siber utamanya yang terkait tentang berbagai ancaman kejahatan siber dan risiko yang bersangkut paut dengan atau mengatasnamakan Covid-19.”

Pusat Operasional Keamanan Siber Nasional (Pusopkamsinas) BSSN mencatat 145.226.701 serangan siber di Indonesia selama masa pandemi. Angka tersebut lebih banyak lima kali lipat dibandingkan periode sebelumnya. Terkait hal tersebut BSSN secara berkesinambungan terus memberikan imbauan keamanan terkait kerentanan dan risiko serangan siber yang sedang menjadi tren terkini kepada masyarakat untuk membentuk kesadaran, kepedulian serta budaya keamanan siber,” ungkap Syahrul.

Selain BSSN, Kementerian Pertahanan (Kemhan), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Badan Intelijen Negara (BIN), (Badan Keamanan Laut) Bakamla, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dan Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) sebagai mitra Komisi I kemudian juga memaparkan langkah strategis penanganan pandemi Covid-19 utamanya terkait kebutuhan dan alokasi anggaran penanganan pandemi Covid-19 di hadapan peserta dan Pimpinan RDP Meutya Hafids. RDP dihadiri juga oleh Sekjen Kemhan, Sestama BIN, Sestama Bakamla, Sestama Lemhanas, Deputi Wantanas dan Arsenum Panglima TNI.

Panja meminta peserta RDP untuk mempertajam skenario dan langkah strategis dalam menaggulangi dampak pandemi Covid-19. “Kita harus mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa muncul, termasuk kemungkinan terjadinya gelombang kedua,” ujar Meutya.

Diakhir RDP, Panja meminta BSSN untuk melakukan analisis mendalam dan menyusun melaksanakan langkah strategis menghadapi serangan siber untuk mewujudkan ketahanan nasional di bidang ketahanan siber/informasi.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...