Jakarta, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia sepakat menjalin kerjasama pengamanan sistem teknologi informasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) hari ini, Jum’at (20/12).

Bertempat di Lobby Lounge Bimasena, Hotel Dharmawangsa, Jakarta, pelaksanaan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Kepala BSSN Hinsa Siburian dan Kepala BNPT Suhardi Alius, dan dihadiri oleh Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak, Deputi I Bidang Identifikasi dan Deteksi Aries Wahyu Sutikno beserta pejabat eselon I, II, III dan IV dari kedua instansi.

Kepala BSSN Hinsa Siburan mengatakan, kerjasama ini mencakup banyak hal, salah satunya pemanfaatan sertifikat elektronik untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik, pengamanan teknologi informasi dan komunikasi, peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia, pertukaran informasi, dan pemanfaatan lain yang disepakati.

“Nantinya BSSN dapat mendukung BNPT dalam beberapa hal seperti pelaksanaan identifikasi kerentanan dan penilaian risiko, sistem dan infrastrukur teknologi informasi dan komunikasi, pengelolaan potensi ancaman siber dan pengawasan pemanfaatan ruang siber, bantuan penguatan cyber security, dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia,” kata Hinsa.

Sementara itu, Kepala BNPT Suhardi Alius menuturkan, sekarang jaman internet sehingga dalam tempo singkat orang mudah menyampaikan narasi-narasi yang dapat merusak dan sebagainya.

“Hari ini kita memantapkan komitmen bahwa kita tidak akan berhenti untuk terus berupaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Pancasila sebagai jawaban final dari falsafah kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam rangka peningkatan keamanan di ruang siber yang ditandatangani oleh Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN Aries Wahyu Sutikno dan Budiono Sandi selaku Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT. (RM)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN