Jakarta (17/7) – Cyber Security Drill Test kembali dilaksanakan, dan memasuki hari kedua dimana kegiatan tersebut diikuti oleh 42 peserta dari Sektor Energi untuk diberikan pelatihan dalam menangani insiden siber mulai dari preparation, identification, containment, eradication, recovery dan lesson learned melalui skenario yang sudah disiapkan panitia. Pelaksanaan kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi serta pelaporan kegiatan .

Pada tahap persiapan, seluruh peserta mempersiapkan sarana dan tools yang dibutuhkan dalam pelaksanaan, baik perangkat fisik maupun aplikasi. Kemudian dalam tahap pelaksanaan peserta diberikan kasus-kasus atau injections untuk direspon dan diselesaikan dengan baik. Lalu evaluasi bersama terkait kegiatan yang telah dilaksanakan pada akhir kegiatan.

“BSSN berharap nantinya peserta dapat melakukan kolaborasi, kerjasama, koordinasi dan berbagi informasi terbaru terkait insiden yang terjadi serta dapat mereduksi risiko penyebarannya pada infrastruktur kritikal,” ujar Maria Widyaningsih, Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Infrastruktur Informasi Kritis Nasional.

Cyber security drill-test merupakan kegiatan simulasi teknis dalam melakukan penanganan insiden keamanan pada dunia teknologi informasi dan komunikasi.

“Karena dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan kesiapan penanganan insiden siber secara berkelanjutan, maka kegiatan ini kami agendakan menjadi kegiatan rutin tahunan dengan mempertimbangkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat dinamis,” kata Maria.

Cyber Security Drill Test sektor infrastruktur informasi kritis nasional dilaksanakan selama dua hari, dari 16-17 Juli 2019, oleh Direktorat PPIIKN Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN. (RM-ND)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...