Jakarta (17/7) – Cyber Security Drill Test kembali dilaksanakan, dan memasuki hari kedua dimana kegiatan tersebut diikuti oleh 42 peserta dari Sektor Energi untuk diberikan pelatihan dalam menangani insiden siber mulai dari preparation, identification, containment, eradication, recovery dan lesson learned melalui skenario yang sudah disiapkan panitia. Pelaksanaan kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi serta pelaporan kegiatan .

Pada tahap persiapan, seluruh peserta mempersiapkan sarana dan tools yang dibutuhkan dalam pelaksanaan, baik perangkat fisik maupun aplikasi. Kemudian dalam tahap pelaksanaan peserta diberikan kasus-kasus atau injections untuk direspon dan diselesaikan dengan baik. Lalu evaluasi bersama terkait kegiatan yang telah dilaksanakan pada akhir kegiatan.

“BSSN berharap nantinya peserta dapat melakukan kolaborasi, kerjasama, koordinasi dan berbagi informasi terbaru terkait insiden yang terjadi serta dapat mereduksi risiko penyebarannya pada infrastruktur kritikal,” ujar Maria Widyaningsih, Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Infrastruktur Informasi Kritis Nasional.

Cyber security drill-test merupakan kegiatan simulasi teknis dalam melakukan penanganan insiden keamanan pada dunia teknologi informasi dan komunikasi.

“Karena dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan kesiapan penanganan insiden siber secara berkelanjutan, maka kegiatan ini kami agendakan menjadi kegiatan rutin tahunan dengan mempertimbangkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat dinamis,” kata Maria.

Cyber Security Drill Test sektor infrastruktur informasi kritis nasional dilaksanakan selama dua hari, dari 16-17 Juli 2019, oleh Direktorat PPIIKN Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN. (RM-ND)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

Tour of Duty Pejabat di Lingkungan BSSN

Depok, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melakukan rotasi jabatan bagi pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas di Aula Kantor BSSN, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/1/2020). Prosesi pelantikan tersebut...

Kepala BSSN Hadiri Perayaan Natal BSSN

Depok, BSSN.go.id - Rabu (15/1), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengadakan acara perayaan natal dengan tema "Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang" bertempat di gedung Aula BSSN, Sawangan. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa...

Kunjungan Studi SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung ke BSSN

Depok, BSSN.go.id – SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung melakukan kunjungan studi di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia pada Rabu, 15 Januari 2020. Rombongan berjumlah 70 orang dengan didampingi Ketua Kompetensi Keahlian TKJ, Dra. Martini, M.T....

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This