Depok, BSSN.go.id – Senin (6/1/2020) hari ini, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia menggelar Apel Kerja Awal Tahun 2020 di Lapangan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BSSN, Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Kegiatan rutin tahunan tersebut dihadiri oleh seluruh Pegawai BSSN, mulai dari Pejabat Tinggi Madya dan Pratama, Pejabat Administrator, Pengawas serta Pejabat Fungsional hingga staff, dan berlangsung dengan tertib walaupun diguyur hujan.

Mengawali sambutannya, Kepala BSSN Hinsa Siburian mengucapkan turut prihatin kepada Pegawai BSSN yang terdampak musibah banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jabodetabek, dan terimakasih berikut mengapresiasi atas kinerja yang telah dilaksanakan dengan baik oleh seluruh pegawai selama tahun 2019.

“Saya ucapkan terimakasih sekaligus memberikan penghargaan yang tinggi atas kinerja dan kerja keras seluruh pegawai BSSN, sehingga selama tahun 2019 kita dapat melaksanakan tugas dengan baik dan menghasilkan capaian-capaian yang membanggakan,”kata Hinsa.

Masih dalam sambutannya, Hinsa menuturkan, capaian-capaian itu antara lain serapan anggaran BSSN ditahun 2019 mencapai 98.51%, lebih baik dari serapan anggaran ditahun sebelumnya, yakni sebesar 97.35%. “Saya harap besarnya capaian tersebut diiringi dengan pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” pesan Hinsa.

Apel pindah ke dalam Auditorium lantaran hujan, Hinsa melanjutkan sambutannya soal pencapaian BSSN yang juga aktif ikut serta dalam mengamankan Pileg dan Pilpres 2019. Lalu, BSSN telah melakukan perjanjian kerjasama dengan 131 stakeholder, dan sukses meluncurkan Peta Okupasi Keamanan Siber Nasional.

Kemudian, dalam peningkatan indeks keamanan siber Indonesia dalam Global Cybersecurity Indeks (GCI) menjadi peringkat ke-41 ditahun 2019, serta berada di peringkat ke-4 dari negara ASEAN dan peringkat ke-9 dari Asia Pasifik.

Pencapaian berikutnya, Sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh BSrE berjumlah 62.183 kini telah dimanfaatkan oleh 187 instansi, dengan sertifikat elektronik yang diterbitkan selama 2019 sekitar 37.000 sertifikat.

Lalu, BSSN juga telah melaksanakan kegiatan kampanye literasi keamanan siber di kota-kota di Indonesia setiap bulan selama tahun 2019, dan BSSN telah mencetak 110 personil NSOC.

“Tahun 2019 telah kita lewati dan kita menyongsong tahun 2020. Tingkatkan terus profesionalisme sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dengan menunjukan ketaatan, kedisiplinan, loyalitas, serta berupaya memberikan pelayanan prima. Marilah kita melangkah dengan semangat yang lebih menggelora dan tekad yang lebih membaja dalam mengawali tahun 2020 ini yang penuh makna,” ujar Hinsa menutup sambutannya. (RM)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN