Jakarta (BSSN) – Kepala Badan Siber Dan Sandi Negara (BSSN) Letjen (Purn) Hinsa Siburian berharap Rancangan Undang Undang (RUU) Keamanan dan Ketahanan Siber (KKS) rampung diundangkan tahun 2019 ini. Desakan itu diutarakan Hinsa mengingat RUU tentang Keamanan dan Ketahanan Siber memiliki tingkat urgensi yang sangat serius dalam mewujudkan kedaulatan siber di Indonesia.

“BSSN mengharapkan Rancangan Undang Undang ini dapat rampung tahun ini. Karena itu kebutuhan yang sangat mendesak, khususnya dalam hal perlindungan terhadap masyarakat,” ujar Hinsa dalam Diskusi Publik dan Simposium Nasional “Rancangan Undang Undang Tentang Keamanan dan Ketahanan Siber” di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (12/8).

Saat ini RUU tersebut telah diserahkan ke pemerintah dan telah dirapatkan di Setneg beberapa hari yang lalu. Diungkapkan Hinsa, ruang siber telah menjadi kebutuhan penting bagi Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari besarnya ketergantungan masyarakat akan internet. Namun seiring dengan kemajuan itu tentu menjadi sangat rawan. Karena ancaman serangan siber tidak hanya berdampak pada geostrategis suatu negara, tetapi juga geopolitis.

Kepala sangat mengapresiasi DPR yang menginisiatif RUU ini yang telah menggambarkan bahwa perwakilan rakyat telah menangkap denyut jantung masyarakat terhadap potensi keamanan siber space di Indonesia. Sementara itu Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, tujuan RUU KKS ini untuk melindungi segala aset yang Indonesia miliki dari potensi-potensi serangan sabotase dan upaya lain yang dapat merusak aset nasional.

“Tantangan tidak mudah, makin maju teknologi semakin berat tugas BSSN dalam menjaga kedaulatan siber space nasional,” ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu. Dr. Edmon Makarim dalam penjelasannya menyatakan bahwa RUU KKS ini bukan saja urgensi, melainkan emegency untuk segera diundangkan. (YH-RM)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

Waka BSSN Ajak Seluruh Elemen Bersih Dari Korupsi

Bogor, BSSN.go.id - Wakil Kepala BSSN Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H menjadi pembicara dalam kegiatan Workshop bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Banten dengan tema "Membangun Negeri Tanpa Korupsi" di Aula Hotel Seruni, Bogor (2/12). Tujuan...

Topping Off Gedung Deputi III BSSN

Depok, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melakukan topping offpemasangan atap bagunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi kepada Gedung Deputi III Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN di Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This