.
Gov-CSIRT Indonesia
Government – Computer Security Incident Response Team Indonesia atau Gov-CSIRT Indonesia merupakan CSIRT sektor Pemerintah Indonesia yang ditetapkan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dalam Keputusan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 570 Tahun 2018 tanggal 20 Desember 2018.
Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah pada Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN bertanggungjawab sebagai ketua Gov-CSIRT Indonesia. Anggota Tim dari Gov-CSIRT Indonesia adalah seluruh staf BSSN pada sektor pemerintah. Konstituen Gov-CSIRT Indonesia meliputi seluruh Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.
Misi
- Membangun, mengoordinasikan, mengolaborasikan dan mengoperasionalkan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber pada sektor pemerintah;
- Membangun kerja sama dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber pada sektor pemerintah;
- Membangun kapasitas sumber daya penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber pada sektor pemerintah;
- Mendorong pembentukan CSIRT (Computer Security Incident Response Team) pada sektor pemerintah.
Layanan
Layanan Gov-CSIRT Indonesia terkait erat dengan berbagai aspek manajemen insiden keamanan siber:
- Aduan Siber-triase insiden, koordinasi insiden, dan resolusi insiden.
- Aktivitas Proaktif-cyber security drill test, bimbingan teknis, asistensi pembentukan CSIRT organisasi
Triase insiden dilakukan guna memastikan kebenaran insiden dan pelapor serta menilai dampak dan prioritas insiden. Koordinasi insiden dilakukan dengan mengkoordinasikan insiden kepada konstituen, menentukan kemungkinan root cause, pemberian rekomendasi penanggulangan, serta koordinasi insiden dengan CSIRT lain atau pihak terkait lainnya. Resolusi insiden-pada layanan ini dilakukan investigasi dan analisis dampak, rekomendasi pemulihan, serta rekomendasi perbaikan kelemahan sistem.
Dalam meningkatkan kapabilitas konstituen, Gov-CSIRT Indonesia juga memberikan layanan:
- Cyber security drill test-simulasi penanganan dan koordinasi insiden.
- Bimbingan teknis atau workshop-training dengan tema-tema penanggulangan dan pemulihan.
- Asistensi pembentukan CSIRT organisasi-membantu organisasi dalam membentuk CSIRT.
Layanan Reaktif
- Layanan pemberian peringatan terkait dengan laporan insiden siber
- Layanan penanggulangan dan pemulihan Insiden
- Layanan penanganan kerawanan
- Layanan penanganan artifak
Layanan Proaktif
- Pemberitahuan hasil pengamatan terkait dengan ancaman baru
- Layanan security assessment
- Layanan security audit
Layanan Manajemen Kualitas Keamanan
- Konsultasi terkait kesiapan penanggulangan dan pemulihan Insiden
- Pembangunan kesadaran dan kepedulian terhadap keamanan siber
- Pembinaan terkait kesiapan penanggulangan dan pemulihan insiden
Panduan
Berbagai Panduan Teknis Penanganan Insiden Siber terkait Pelaporan Insiden, Penanganan Insiden Web Defacement, Penanganan Insiden Serangan DDoS, Penanganan Insiden Serangan Phishing, Penanganan Insiden Serangan SQL Injection, Penanganan Insiden Malware dan Penanganan Ransomware dapat diakses melalui tautan di bawah ini.
Informasi lengkap mengenai Gov-CSIRT Indonesia dapat diakses melalui laman Gov-CSIRT Indonesia melalui tautan di bawah ini.
Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN
Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?
Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...
FEKDI 2021: BSSN Terus Berupaya Maksimalkan Keamanan Siber pada Sektor Ekonomi Digital
Jakarta, BSSN.go.id - Sebagai salah satu langkah konkrit dalam mendorong integrasi ekosistem ekonomidan keuangan digital yang inklusif dan efisien, baik di pusat maupun di daerah, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia...
NGOPI RB: SPBE Series#3 Diskusi Peran BSSN dalam SPBE
Depok, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar lanjutan NGOPI RB Series, dimanapada Series ke-3 ini, para narasumber dan peserta banyak berdiskusi terkait strategi BSSN dalam menjalankan amanah SPBE. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula BSSN Sawangan,...
Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?
Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...
Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak
Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...
Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas
Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...