Bandung, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia bekerjasama dengan Indonesia Honeynet Project dan Telkom University mengedukasi peserta tata cara memvisualisasikan hasil deteksi serangan siber di hari kedua Seminar dan Workshop Peningkatan Kemampuan Deteksi Dini dan Koordinasi Dalam Rangka Cyber Situational Awareness, Rabu (13/11).

Kepala Sub Direktorat Deteksi Serangan Siber Andi Yusuf mengatakan, hari kedua pelaksanaan workshop ini peserta diberikan materi tentang Visualization Honeypot Log Using ELK yang dibawakan oleh Tim Honeyhelp Pratama Putra dan Rizki Yugitama, yakni cara menginterpretasikan konten untuk disajikan dalam bentuk yang mudah dibaca, dimengerti dan dipahami serta dapat dibagikan ke dalam suatu platform untuk dapat dimanfaatkan secara bersama.

“Workshop ini memberikan pengetahuan ke peserta tentang tata cara memvisualisasikan hasil deteksi serangan yang di terima oleh Honeypot, khususnya jenis Dionaea dengan menggunakan engine Elasticsearch dan Kibana,” kata Andi.

Pantauan Tim Humas BSSN di Gedung Tokong Nanas Universitas Telkom Bandung, sebanyak 70 Peserta diajarkan mengolah log serangan pada Honeypot dionaea untuk dapat di analisis menggunakan engine Elasticsearch kemudian ditampilkan dalam bentuk visualisasi menggunakan engine Kibana.

Adapun peserta yang mengikuti workshop hari kedua mayoritas dari akademisi dan mahasiswa, lainnya dari instansi pemerintah, perbankan, dan swasta, yang berasal dari Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Papua Barat.

Sebelumnya, mewakili Kepala BSSN, Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN Irjen Pol. Drs. Aries Wahyu Sutikno mengatakan, BSSN sangat mengapresiasi kegiatan seminar dan workshop ini sebagai bentuk kolaborasi melalui berbagi informasi di berbagai kalangan, khususnya kalangan akademisi.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan situational awareness untuk mengurangi adanya ancaman dalam bentuk human error ataupun ancaman dari luar,” ujar Aries. (RM-YH)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN