Depok, BSSN.go.id – BSSN menerima dan memfasilitasi kunjungan Tim Koordinasi SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) Kota Lubuk Linggau dan Diskominfo Kabupaten Sampang, Jumat (19/2) di Kantor BSSN Sawangan, Depok.

Dalam kunjungan ini rombongan Diskominfo Kota Lubuk Linggau yang dipimpin Kadiskominfo Lubuk Linggau Erwin Armeidi dan Diskominfo Kabupaten Sampang yang di wakili oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandian Slamet Hartono diterima oleh Kepala Biro Hukum dan Humas BSSN Christyanto Noviantoro, Koordinator Komunikasi Publik, Tri Wahyudi, dan Sub Koordinator Pelayanan Masyarakat dan Informasi Publik James Leonardo. Dan diikuti secara daring Perwakilan BSrE (Balai Sertifikasi Elektronik), Direktotat Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Pemerintah BSSN, Perwakilan dari pengelola SPBE BSSN dan yang lainnya.

Mengawali pertemuan ini Kadiskominfo Kota Lubuk Linggau Erwin Armeidi mengatakan, maksud kunjungan ini terkait dengan Sertifikat Elektronik “Kita mengakomodir kawan-kawan dari Dinas perijinan, dari Dinas SDM terkait dengan dokumen-dokumen kepegawaian dan juga perintah dari BPK terkait audit” ujar Erwin.

Secara khusus kunjungan Diskominfo Kota Lubuk Linggau ke BSSN ini adalah terkait dengan penyelenggaraan keamanan informasi penyediaan sistem penghubung layanan yang terintegrasi di Kota Lubuk Linggau “Kami sedang membangun smart city, membangun jaringan FO (fiber optic) yang akan menghubungkan dengan para OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dengan mitra kami untuk berkoordiansi dengan BSSN bagaimana dengan sistem keamanan dalam pembangunan Comman Center di setiap OPD di Kota Lubuk Linggau” lanjut Erwin.

Ditempat yang sama juga Kepala Bidang Statistik dan Persandian Kabupaten Sampang Slamet Hartono menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ke BSSN adalah terkait dengan SPBE, Security Assesment Keamanan Informasi dan Perban BSSN Nomor 10 tahun 2019 “Kami ada 3 materi yang pertama tanda tangan elektronik sekaligus konfirmasi pada acara sosialisasi sesuai dalam surat nomor 046/11/434.215/2021 tanggal 15 Januari 2021, Security Assesment Keamanan Informasi dan Peraturan BSSN Nomor 10 Tahun 2019 dalam rangka penyusunan Peraturan Bupati Sampang tentang penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi di Kabupaten Sampang, dimana untuk mengetahui kejelasan bagaimana peran persandian di daerah” ujar Slamet.

Menanggapi maksud dan tujuan kunjungan Kota Lubuk Linggau dan Kabupaten Sampang Kepala Biro Hukum dan Humas BSSN Christyanto Noviantoro menyampaikan bahwa BSSN akan mengakomodir permasalahan terkait dengan Sertifikat Elektronik, Security Assesment dan Penjelasan Perban BSSN Nomor 10 Tahun 2019 “Penjelasan terkait dengan Sertifikat Elektronik, Security Assesment dan Perban BSSN Nomor 10 Tahun 2019 akan dijelaskan oleh tim yang tersambung secara virtual pada masing-masing kebutuhan dari Diskominfo Lubuk Linggau dan Kabupaten Sampang” ujar Cristyanto.

Di akhir pertemuan Koordinator Komunikasi Publik Tri Wahyuni mengatakan bahwa BSSN akan mencarikan solusi terkait dengan kebutuhan layanan BSSN kepada Pemda. “Tindak lanjutnya akan kita monitor dan juga akan langsung berhubungan dengan bapak ibu dari Kota Lubuk Linggau dan Kabupaten Sampang” tutup Tri. (Yok/Yud)

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

BSSN Publikasikan Hasil Monitoring Keamanan Siber Tahun 2020

Jakarta, BSSN.go.id - BSSN menerbitkan hasil monitoring berbagai aspek dan parameter keamanan siber nasional tahun anggaran 2020 berjudul Laporan Hasil Monitoring Keamanan Siber Tahun 2020 dalam kegiatan "Webinar Publikasi Hasil Monitoring Keamanan Siber Tahun 2020"...

Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak

Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...

Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...

Aplikasi Bantu untuk Penyandang Disabilitas

Internet seharusnya mudah diakses oleh siapa pun, tak terkecuali bagi para penyandang disabilitas. Untuk membantu melakukan kegiatan sehari-hari dalam menggunakan perangkat seluler penyandang disabilitas dapat memanfaatkan tiga fitur yang dikembangkan Google, yaitu...