Jakarta (7/8) – Untuk kesekian kalinya Cyber Security Drill Test kembali digelar, kali ini di khususkan pada Infrastruktur Informasi Kritikal Nasioanal Sektor Keuangan dan Perbankan. Kegiatan ini dibuka oleh Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian BSSN Suharyanto, yang dilaksanakan di Hotel Aston Priority Simatupang Conference Center Jakarta.

Cyber Security Drill Test ini diikuti oleh 101 peserta yang diberikan pelatihan dan simulasi dalam menangani insiden siber mulai dari preparation, identification & detection, analysis, containment, eradication, recovery, dan lesson learned melalui skenario yang disiapkan.

Dalam kegiatan Drill Test ini peserta dapat melakukan kolaborasi, kerjasama, koordinasi dan berbagai informasi terbaru dengan peserta lainnya terkait insiden yang terjadi dan juga dapat mereduksi risiko penyebarannya pada infrastruktur kritikal. Mekanisme penanganan insiden dengan baik sesuai alur kasus skenario yang disiapkan dapat mendukung kesiapan stakeholder dalam penanganan insiden siber secara berkelanjutan.

Manajemen yang efektif melalui oprganisasi ti penanganan insiden siber yang disebut Computer Emergency Reponse Team (CERT) atau dalam istilah lainnya disebut Computer Security Incident Response Team (CSIRT). Pelaksanaan kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi serta pelaporan kegiatan.

Pada tahap persiapan, seluruh peserta mempersiapkan sarana dan tools yang dibutuhkan dalam pelaksanaan, baik perangkat fisik maupun aplikasi. Kemudian dalam tahap pelaksanaan peserta diberikan kasus-kasus atau injections untuk direspon dan diselesaikan dengan baik. Lalu evaluasi bersama terkait kegiatan yang telah dilaksanakan pada akhir kegiatan.

Dalam sambutannya Suharyanto menyampaikan BSSN mendorong setiap institusi pengelola teknologi informasi dan komunikasi untuk membentruk organisasi CERT berikut regulasinya, yang diharapkan dapat melakukan penganganan sesegera mungkin untuk melindungi sistem atau data organisasi saat terjadi insiden. Sehingga dapat memperkuat dan menjaga proses keberlangsungan bisnis suatu organisasi melalui prinsip confidentiality, integrity dan avalaibility.

Cyber Security Drill Test sektor infrastruktur informasi kritikal nasional sektor keuangan dan perbankan diselenggarakan oleh Direktorat PPIIKN Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN.

link download materi: [download disini]

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

Waka BSSN Ajak Seluruh Elemen Bersih Dari Korupsi

Bogor, BSSN.go.id - Wakil Kepala BSSN Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H menjadi pembicara dalam kegiatan Workshop bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Banten dengan tema "Membangun Negeri Tanpa Korupsi" di Aula Hotel Seruni, Bogor (2/12). Tujuan...

Topping Off Gedung Deputi III BSSN

Depok, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melakukan topping offpemasangan atap bagunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi kepada Gedung Deputi III Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN di Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This