Dalam rangka mendukung penanggulangan pandemi COVID-19, BSSN mengimbau Penyenggara Sistem Elektronik E-Commerce, Healthtech, Fintech Payment dan Fintech Lending terutama yang terkait dengan Layanan Kesehatan, Kebutuhan Pokok, Uang Elektronik dan Peminjaman Uang agar tetap menjaga dan memonitor Keamanan Layanan, Transaksi dan Data Pribadi dalam Sistem Elektroniknya untuk mengantisipasi risiko sabotase, perubahan maupun pencurian data pada situasi darurat saat ini. Lakukan Business Continuity Plan terhadap layanan sistem elektronik dalam upaya mendukung penanggulangan pandemi COVID-19.

Setiap Penyelenggara Sistem Elektronik khususnya yang termasuk dalam Layanan Healthtech dengan media Diskusi/Konsultasi agar menerapkan Perlindungan Data Pribadi seperti anonim, persetujuan pemilik data, enkripsi database, privacy policy, langkah preventif dan monitoring anomali. Segera laporkan informasi mengenai anomali tersebut kepada pihak berwenang agar dapat ditindak lanjuti secepatnya.

Setiap Penyelenggara Sistem Elektronik sebaiknya melakukan rekapitulasi dari forum Diskusi/Konsultasi yang diberikan baik secara publik maupun privat untuk dilaporkan kepada pihak berwenang jika terdapat anomali pelanggan yang terindikasi terjangkit COVID-19 agar dapat segera ditangani.

Jika terjadi insiden pada Penyelenggaraan Sistem Elektronik agar segera membuat Laporan Aduan Insiden Siber dan berkoordinasi dengan Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional (Pusopskamsinas) BSSN dengan menghubungi kontak (021) 78833610 atau email bantuan70[at]bssn.go.id.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...