Pada pertengahan Juli 2020, SAP menerbitkan pengumuman terkait kerentanan SAP NetWeaver Application Server Java LM Configuration Wizard yang memiliki nilai 10. Berdasarkan CVSS Version 3.0 kerentanan tersebut termasuk dalam kategori KRITIKAL. Seseorang tanpa perlu otentikasi dapat melakukan eksploitasi komponen SAP NetWeaver Application Server Java LM Configuration Wizard melalui protokol HTTP dan mengambil alih kendali aplikasi SAP dengan hak akses Administrator (High-Privileged) yang memiki akses tidak terbatas. Penyerang dapat melakukan berbagai aktifitas mulai dari pemeliharaan aplikasi hingga mematikan aplikasi SAP. Kerahasiaan, integritas dan ketersediaan data dan proses yang dijalankan oleh aplikasi SAP juga terdampak oleh kerentanan tersebut. Versi SAP yang terdampak oleh kerentanan tersebut adalah versi 7.30, 7.31, 7.40 dan 7.50.

Pengguna yang terdampak oleh kerentanan disarankan melakukan pemutakhiran ke versi terbaru. Pengguna yang belum dapat melakukan pemutakhiran versi direkomendasikan menonaktifkan layanan LM Configuration Wizard. Langkah mitigasinya sebagai berikut:

  1. Lakukan pemindaian sistem SAP untuk memeriksa pemutakhiran keamanan yang belum diterapkan, konfigurasi sistem yang berbahaya,dan kerentanan dalam baris kode SAP yang dibuat secara khusus.
  2. Lakukan pemutakhiran secara periodik.
  3. Pastikan konfigurasi berbagai sistem yang berkaitan dengan SAP aman.
  4. Identifikasi dan analisis pengaturan keamanan antarmuka SAP antara sistem dan aplikasi untuk memahami risiko yang ditimbulkan oleh trust relationships antara keduanya.
  5. Lakukan analisis terhadap aktifitas sistem, khususnya yang terkait dengan upaya otorisasi pengguna yang berbahaya atau berlebihan.
  6. Lakukan monitoring keamanan sistem terkait indikator compromise yang dihasilkan dari eksploitasi kerentanan.
  7. Lakukan monitoring keamanan sistem terkait perilaku pengguna yang mencurigakan, termasuk pengguna yang memiliki hak istimewa.
  8. Gunakan threat intelligence untuk meningkatkan postur keamanan.
  9. Tentukan standar minimum keamanan, monitor ada atau tidaknya penyimpangan terhadap standar tersebut, lakukan perbaikan bila terjadi penyimpangan.

Untuk mendapatkan Informasi lengkap mengenai kerentanan SAP NetWeaver Application Server Java LM Configuration Wizard unduh CVE-2020-6287 di bawah ini.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Lindungi Nasabah Perbankan Nasional, BSSN Teken Kerjasama Dengan LPS

Jakarta, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara dan Lembaga Penjamin Simpanan sepakat menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama  mendukung perlindungan informasi dan  transaksi elektronik dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik...

Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?

Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...

Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak

Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...

Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...